Mohon tunggu...
Ade Fathurahman
Ade Fathurahman Mohon Tunggu... Guru - Geography Teacher of SMANSA Sukabumi

Geography Teacher of SMANSA Sukabumi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

P5 Tema Kearifan Lokal

29 September 2022   21:38 Diperbarui: 29 September 2022   21:40 3684 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Disini saya tidak akan mempermasalahkan banyaknya  pertanyaan tentang kurikulum yang memanng bukan ranah praktisi pendidikan secara langsung, . Disini cuma sedikit mengupas bahwa pada kedua kalinya rekan-rekan Tim Kurikulum SMA Negei 1 Kota Sukabumi yang di nakhodai Bapak Fasal Elahi, S.Pd., M.PFis. melakukan satu langkah berani. Langkah yang merupakan implementasi penafsiran atas sebuah tagihan pembelajaran yg merupakan bagian dari P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila).

Bagaimana tidak kaget, ketika saya khususnya dengan beberapa teman yang terbiasa selama bertahun-tahun hanya mengasuh peserta didik Kelas 12, karena terlibat di manajemen, titba-tiba harus mengasuh peserta didik  Kelas 10 dengan  sebuah tagihan hasil belajar dalam bentuk produk Laporan Hasil Observasi Lapangan.

Hal lain yang cukup menantang adalah fenomena aktual produk lulusan SMP yang notabene terkondisikan pada sistem pembelajaran jarak jauh (daring) mulai merka memasuki semster 2 kelas 7 hingga kelas 9 (selama 5 semester).

Tantangan yang cukup seksi, ketika kita menghadapai peserta didik lulusan SMP yang hanya mengalami Pembelajaran Tatap Muka di selama di SMPnya 1 semester di Kelas 1 saja.

Walau dengan berbagai tantangan akademis dan non akdemis, akhirnya tercipta juga hasil kerja sama mereka dibawah bimbingan kita. Sebuah hasil pembelajaran yang tidak luar biasa, tetapi cukup memberikan bekal yang didapatkan melalui pembelajaran try and error yang lekat dengan nuansa belajar yang bercirikan kolaboratif.   

 Pembimbingan P5 : Tema Kearifan Lokal Kriya Bambu Sukabumi berbasis Blog



Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan