Mohon tunggu...
Ade Suryaman
Ade Suryaman Mohon Tunggu... Administrasi - My Life My Style

SKMA 2001 UP // Teknisi Litkayasa pada Balai Penelitian dan Pengembangan LHK Makassar

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Outing Class SMP IT Al Fityan Gowa di BP2LHK Makassar

31 Oktober 2018   22:51 Diperbarui: 31 Oktober 2018   22:49 242 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Outing Class SMP IT Al Fityan Gowa di BP2LHK Makassar (Dokumentasi Pribadi)

Balai Litbang LHK Makassar kedatangan tamu dari siswa-siswi SMP Islam Terpadu Al Fityan Gowa sebanyak 140 siswa-siswi dan 10 Pembina/Guru dalam rangka kegiatan outing class (kelas VIII) yang dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober 2018. Ir. Misto, MP selaku Kepala Balai menyambut baik kegiatan outing class ini dan berterima kasih kepada Kepala Sekolah dan seluruh jajarannya karena telah mempercayakan BP2LHK Makassar selaku lokasi kegiatan outing class. Dalam sambutannya, Misto mengatakan bahwa outing class ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan di BP2LHK Makassar.

Ir Misto MP membuka kegiatan outing class (Dokumentasi Pribadi)
Ir Misto MP membuka kegiatan outing class (Dokumentasi Pribadi)
Manusia diciptakan oleh Allah SWT dengan sebaik-baiknya dan dijadikan khalifah di muka bumi, sebagai khalifah kita harus menjaga dan memelihara lingkungan hidup. Pada kesempatan ini, adik-adik siswa/i SMPT IT Al Fityan bisa mengenal dan mempelajari tentang lingkungan hidup yang akan menjadi bekal sebagai khalifah di hari mendatang. Kegiatan ini diharapkan dapat dikembangkan lebih luas lagi menjadi kegiatan pengenalan lingkungan hidup di masa mendatang, ujar Misto.

Peserta dan pendamping outing class putri (Dokumentasi Pribadi)
Peserta dan pendamping outing class putri (Dokumentasi Pribadi)
Kegiatan outing class ini siswa/i dibagi menjadi 9 kelompok dengan 9 materi agenda kegiatan yaitu untuk kegiatan di kelti silvikultur yaitu kegiatan : kultur jaringan di laboratorium kultur jaringan yang dibawakan oleh Ir. Nursyamsi, M.Sc dan C. Andriyani Prasetyawati, S.Hut, M.Sc, pengenalan mikrobiologi di laboratorium mikrobiologi yang dibawakan oleh Dr. Retno Prayudyaningsih, S.Si, M.Si, Ramdana Sari, S.Si pengenalan bibit tanaman di persemaian yang dibawakan oleh Heri Suryanto, S.Hut, M.Si dan Albert Donatus Mangopang, S.Hut, pengenalan kayu di laboratorium teknologi hasil hutan yang dibawakan oleh Dr. Muhammad Asdar, S.Hut, M.Si dan Hajar, S.Hut, MP.

Kegiatan outing class di persemaian BP2LHK Makassar (Dokumentasi Pribadi)
Kegiatan outing class di persemaian BP2LHK Makassar (Dokumentasi Pribadi)
Untuk kegiatan di kelti KSDH yaitu kegiatan : pengolahan sampah organik dan an organik di demplot pengelolaan sampah terpadu yang dibawakan oleh Ir. Hunggul Yudono SHN, M.Si, Ir. M. Kudeng Sallata, M.Sc, Wahyudi Isnan, S.Hut, M.Hut dan Muhammad Saad, S.Hut, ekosistem hutan di arboretum yang dibawakan oleh Ir. Merryana Kiding Allo, MP, Ir. Halidah, M.Sc, Heru Setiawan, S.Hut, M.Sc, Mursidin, S.Hut, konservasi sumber daya hutan di ruang rapat yang dibawakan oleh Hasnawir, S.Hut, M.Sc, PhD, Indra Ardie SLPP, S.Si, M.Sc, Bayu Wisnu Broto, S.Hut, M.Sc, Fajri Ansari, S.Hut, M.Sc.

Pengenalan cara destilasi bahan bakar dari limbah plastik (Dokumentasi Pribadi)
Pengenalan cara destilasi bahan bakar dari limbah plastik (Dokumentasi Pribadi)
Sedangkan untuk kegiatan di kelti sosial ekonomi kebijakan kehutanan yaitu kegiatan : pengenalan sutera di laboratorium sosek yang dibawakan oleh Nurhaedah M, S.P, M.Si, Nur Hayati, S.P, M.Sc, dan Zainuddin, S.Hut, pengenalan madu di ruang teleconference yang dibawakan oleh Rini Purwanti, S.Hut, M.Sc, Evita Hapsari, S.Sos, M.Si dan Arman Hermawan, S.Hut, pengelolaan pohon di ruang kelti sosek yang dibawakan oleh Dr. Abdul Kadir W, S.Hut, M.Si, Ir. Achmad Rizal HB, MT, Andarias Ruru, S.Hut dan Hamdan, S.Hut, M.Hut.

Pengenalan madu (Dokumentasi Pribadi)
Pengenalan madu (Dokumentasi Pribadi)
Dalam kegiatan outing class ini didampingi oleh pendamping dari BP2LHK Makassar yang akan mendampingi ke berbagai lokasi yang telah ditentukan dengan waktu 15 menit per lokasi. Adapun pendamping untuk siswa putra yaitu kelompok I oleh Masrum, kelompok 2 oleh Haris Said, S.Hut, M.Hut, kelompok 3 oleh Jumain, S.E, kelompok 4 oleh Arman Suarman, S.Hut dan kelompok 5 oleh Abdul Qudus Toaha, S.Hut sedangkan untuk pendamping siswi putri yaitu kelompok 6 oleh Asmariani K, S.E kelompok 7 oleh Ichraeni Iskandar, A.Md, kelompok 8 oleh Armiati, S.E dan kelompok 9 oleh Wahida Yusuf, S.E.

Peserta dan pendamping outing class putri (Dokumentasi Pribadi)
Peserta dan pendamping outing class putri (Dokumentasi Pribadi)
Siswa-siswi SMP Islam Terpadu Al Fityan Gowa sangat bersemangat dalam mengikuti kegiatan outing class ini. Mereka belajar berbagai hal tentang pengelolaan lingkungan hidup karena sesuai dengan tema kegiatan outing class ini yaitu "menanamkan karakter yang berwawasan lingkungan" dan sesuai dengan kegiatan adiwiyata yang diajarkan di sekolah. Dalam beberapa kegiatan, siswa-siswi SMP Islam Terpadu Al Fityan Gowa ini sangat aktif dalam bertanya sehingga wawasan tentang pengelolaan lingkungan hidup menjadi bertambah.

Peserta dan pendamping outing class putra (Dokumentasi Pribadi)
Peserta dan pendamping outing class putra (Dokumentasi Pribadi)
Setelah materi kegiatan di 9 lokasi, acara outing class dilanjutkan diteras halaman BP2LHK Makassar dengan agenda kuis, penyerahan kenang-kenangan dan penutupan. Dalam kegiatan kuis, siswa-siswi SMP Islam Terpadu Al Fityan Gowa sangat bersemangat dalam menjawab soal yang telah disiapkan oleh panitia. Dari 10 pertanyaan yang disiapkan, siswi putri berhasil menjawab 7 pertanyaan sedangkan siswa putra menjawab 3 pertanyaan. Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan kenang-kenangan dari SMP Islam Terpadu Al Fityan Gowa ke BP2LHK Makassar dan penyerahan bibit tanaman dari BP2LHK Makassar ke SMP Islam Terpadu Al Fityan Gowa.

Penyerahan kenang-kenangan dari SMP IT Al Fityan ke BP2LHK Makassar (Dokumentasi Pribadi)
Penyerahan kenang-kenangan dari SMP IT Al Fityan ke BP2LHK Makassar (Dokumentasi Pribadi)
Dalam penutupannya Ir. Turbani Munda, M.Hut mengatakan sangat berterima kasih atas kehadiran siswa-siswi SMP Islam Terpadu Al Fityan Gowa dalam melakukan kegiatan outing class di BP2LHK Makassar. Kegiatan outing class ini berjalan dengan baik, tertib dan lancar karena partisipasi semua pihak yang telah bekerja dengan baik.

Pemberian bibit dari BP2LHK Makassar ke pihak SMP IT Al Fityan Gowa (Dokumentasi Pribadi)
Pemberian bibit dari BP2LHK Makassar ke pihak SMP IT Al Fityan Gowa (Dokumentasi Pribadi)
Fadli Zainal, LC selaku Kepala Sekolah SMP Islam Terpadu Al Fityan Gowa sangat berterima kasih dan mengapresiasi dengan baik kepada pihak BP2LHK Makassar karena hari ini kita diberikan fasilitas dalam memberikan wawasan tentang lingkungan kepada peserta didik siswa-siswi SMP Islam Terpadu Al Fityan Gowa. Kegiatan outing class ini siswa/i mendapatkan wawasan tentang lingkungan yang sangat bermanfaat karena bertujuan untuk membangun kesadaran lingkungan, dengan harapan siswa-siswi akan terbangun wawasan lingkungan dan juga terbangun karakter kepedulian terhadap lingkungan. Semoga kegiatan kerja sama ini bisa berjalan untuk ke depannya sehingga adalagi follow up terkait program-program lingkungan. Salam hangat, Ade Suryaman.

Peserta, pendamping dan pengajar outing class (Dokumentasi : Ikki)
Peserta, pendamping dan pengajar outing class (Dokumentasi : Ikki)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan