Mohon tunggu...
Adam Wicaksana
Adam Wicaksana Mohon Tunggu...

Kuliah pendidikan fisika di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Berwisata ke Kota Seribu Goa Pacitan

9 Februari 2015   23:56 Diperbarui: 17 Juni 2015   11:31 1214 0 0 Mohon Tunggu...

Kabupaten Pacitan Jawa Timur adalah sebuah  Kabupaten yang terletak di ujung barat daya Provinsi Jawa Timur. Dengan julukannya sebagai kota 1001 goa. Kabupaten Pacitan secara geografis letak wilayah Pacitan adalah dibagian utara berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo, dibagian timur berbatasan dengan Kabupaten Trenggalek, dibagian selatan Pacitan adalah Samudra Hindia serta dan dibagian barat berbatasan dengan Kabupaten Wonogiri (Jawa Tengah)dan hal ini juga sekaligus sebagai batas Provinsi antara Provinsi Jawa timur dan Provinsi Jawa Tengah.

Pacitan dengan julukanny sebagai Kota 1001 Goa tersebut, karena Pacitan yang menyimpan berjuta pesona keindahan pariwisata alam yang sangat luar biasa. Banyak sekali wisatawan asing maupun wisatawan domestik yang berkunjung ke Pacitan untuk merasakan tempat wisata yang disediakan oleh alam.

Kabupaten Pacitan memperoleh tiga penghargaan dari Presiden ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono yaitu penghargaan Samkaryanugraha Parasamya Purnakarya Nugraha, Satya Lencana Karya Bhakti Praja Nugraha, dan Pemerintahan Kabupaten dengan Kinerja Pemerintahan Daerah 10 Terbaik Tingkat Nasional. Penghargaany yang pertama  Samkaryanugraha Parasamya Purnakarya Nugraha adalah sebuah tanda penghargaan yang diberikan kepada Provinsi/Daerah Tingkat I dan Kabupaten/kotamadya/Daerah Tingkat II yang menunjukan hasil karya tertinggi pelaksanaan Pembangunan Limat Tahun dalam rangka menungkatkan kesejahteraan seluruh rakyat. Dan penghargaan kedua yatu Satya Lencana Karya Bhakti Praja Nugraha adalah anugrah yangvdiberikan kepada bupati/walikota yang berprestasi dalam mencapaian kinerja.

Tempat-tempat wisata yang dapat di kunjungi selama sedang berada di Pacitan adalah  Wisata Goa, Wisata Pantai, Wisata Pegunungan (Hikking), Wisata Sejarah, Wisata Pemandian Alam. Selain wisata-wisata alamnya tersebut Pacitan juga memiliki hasil alam yang luar biasa yaitu batu mulia (batu akik). Karena julukan tersebut Pacitan memiliki banyak goa. diantara Goa tersebut  yang terdapat di Pacitan adalah Goa Gong (Gua Terindah Se-Asia Tenggara), Goa Tabuhan (Batu dapat dipukul dan Berbunyi Seperti Alat Musik Gamelan), Goa Kalak (Gua Pertapaan), dan Goa Luweng Jaran (diduga sebagai kompleks gua terluas di Asia Tenggara). Diantara nama-nama Goa tersebut Goa yang terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan adalah Goa Gong dan Goa Tabuhan. Selain goa Pacitan juga kaya akan wisata pantai hal ini letakny diselatan pulau Jawa maka daerah Pacitan langsung berbatasan dengan Samudra Hindia dibagian selatannya. Pacitan banyak terdapat pantai diantaranya ada Pantai Teleng Ria, Pantai Klayar, Pantai Srau, Pantai Watu Karung, Pantai Soge, Pantai Taman, pantai Sidomulyo, Pantai Banyutibo dan masih banyak pilihan pantai lainnya. Semua pantai ini memiliki keindahan ciri khas masing-masing yang berbeda-beda.

Jika menginginkan pantai yang penuh dengan sarana wisata dan mudah diakses Pantai Teleng Ria bisa menjadi destinasi karena letaknya yang tidak jauh dari pusat kota Pacitan kurang lebih sekitar 3 Km dan disini juga sudah banyak para nelayan yang berjualan ikan segar, udang segar yang diperoleh langsung dari laut, ikan-ikan dan udang yang dijajakan ada yang dijual masih mentah, ada juga yang sudah digoreng dan siap dikonsumsi, ataupun juga ada yang sudah diolah dibuat bakso, naget, dan lain-lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x