Mohon tunggu...
Achmad SFachrezzy
Achmad SFachrezzy Mohon Tunggu... Journalis
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Kecintaan saya dengan bidang tulis menulis ( menulis di majalah, media online, buku hingga media lainnya). Pada akhirnya membuat saya selalu tertantang untuk selalu meningkatkan kemampuan saya dalam bidang tulis menulis

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Tren Contact Center 2021, Strategi Optimalisasi Customer dengan Teknologi Contact Center Terkini

17 Februari 2021   15:40 Diperbarui: 17 Februari 2021   15:46 92 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tren Contact Center 2021, Strategi Optimalisasi Customer dengan Teknologi Contact Center Terkini
Barantum

Dalam Era Industri 4.0 peran komunikasi menjadi salah satu ujung tombak bagi perusahaan. Bukan karena apa, melihat kondisi ekonomi makro  yang belum stabil, serta masih berpengaruhnya covid. Hal ini memberikan satu kondisi bahwa strategi bisnis dengan mengoptimalkan komunikasi jarak jauh menjadi salah satu strategi efektif untuk meningkatkan revenue bagi perusahaan.

Itulah sebabnya, saat ini perusahaan melihat divisi  telemarketing atau customer service  harus bisa menjadi salah satu ujung tombak bagi perusahaan dalam memenangkan persaingan bisnis. Betapa tidak, dengan berkurangnya kunjungan para team sales ke klien ( berkunjung ke lapangan). Maka hal  ini membuat strategi komunikasi jarak jauh menjadi salah satu hal  yang mesti di perbanyak. Sehingga kekurangan kegiatan  kunjungan  ke klien, bisa diantisipasi dengan sistem contact center yang baik dan benar.

Namun sayang, tidak semua  pelaku bisnis atau mereka yang memiliki divisi telemarketing atau customer service bisa mengoptimalkan kondisi tersebut. Biasanya mereka  hanya sekadar menjalankan tugasnya saja tanpa memperhatikan bagaimana cara terbaik dalam melakukan aktivitas sebagai profesional contact center.

5  CARA MENSTABILKAN REVENUE PERUSAHAAN DENGAN SISTEM CONTACT  CENTER TERINTEGRASI

 

Sistem contact  center, memang saat ini perkembangannya sudah cukup pesat. Dimana salah satu hal yang mendukung perkembangan tersebut adalah adanya Era Industri 4.0 dan perkembangan IT. Sehingga sistem contact center yang ada sudah mampu terintegrasi dengan aplikasi lainnya.

Setidaknya dari 5 manfaat berikut, kita bisa tahu seperti apa sejatinya sistem contact center bermanfaat bagi perusahaan. Terlebih saat ini, dimana pandemi covid masih menjadi kendala dalam kita berhubungan langsung dengan calon klien. Maka optimalisasi divisi contact center menjadi salah satu cara efektif untuk meningkatkan performance bisnis sebuah perusahaan.  

Nah untuk menjelaskan kondisi diatas, kita coba melihat strategi seperti apa yang bisa di jalankan oleh perusahaan untuk mengoptimalkan sistem call center pada sebuah perusahaan. Sehingga sistem itu  tidak sekadar sebuah instrumen semata tetapi bisa menjadi tools   yang efektif.

  • Sistem Contact Center untuk mengoptimalkan pelayanan ke customer.Karena  bisa di maklumi, dalam kondisi seperti saat ini mempertahankan customer lama jauh lebih menguntungkan dibanding harus menjadi customer baru.
  • Sistem Contact Center untuk mengoptimalkan produktivitas SDM. Kenapa, karena hanya dengan melakukan aktivitas komunikasi by phone, agen call center bisa mengetahui kondisi terkini dari customer yang bersangkutan Sehingga jika sistem ini dioptimalkan, maka sudah pasti hasilnya akan maksimal.
  • Sistem contact center untuk mengoptimalkan/mengurangi cost operasional, sehingga lebih efisien.  Karena dengan hanya menggunakan sistem komunikasi, sdm tidak harus bertemu langsung dengan customer untuk memfollowup program yang sedang di jalankan.
  • Sistem contact center untuk meningkatkan sistem komunikasi dua arah antara perusahaan dengan customer. Karena komunikasi yang terjadi antara agen call center dengan customer bisa melebihi komunikasi antara perusahaan dan klien. Karena agen call center  bisa menjadi seperti konsultan dengan kliennya.
  • Sistem contact center bisa untuk meningkatkan banyak hal positif lain yang sangat berguna bagi perusahaan. Dari mulai mengupdate akses data yang di miliki oleh customer, memberikan sistem service yang lebih sempurna karena jika ada kendala bisa lebih cepat di tangani. Hingga pada akhirnya bisa di katakan bahwa sistem call center bisa menjadi media komunikasi  yang efektif dan efisien antara perusahaan dengan customer.

INOVASI TERKINI SISTEM CONTACT  CENTER TERINTEGRASI DALAM ERA NEW NORMAL TAHUN 2021 

@barantumcom
@barantumcom
Kini sistem contact center bukan lagi sekadar pelengkap infrastruktur perusahaan semata. Tetapi sejalan dengan perkembangan teknologi, sistem call center pun semakin di tuntut untuk lebih bisa memberikan manfaat secara optimal.

Berbicara soal tren atau inovasi sistem contact center kedepan, khususnya memasuki tahun 2021. Kita bisa lihat beberapa hal menarik  yang terjadi dalam sistem contact center di Indonesia.  Kondisi inilah yang akan di kupas dalam WEBINAR SERIES BARANTUM  yang mengambil tema terkait sistem call center : TREN CONTACT  CENTER 2021, STRATEGI OPTIMALISASI CUSTOMER. Yang akan di adakan pada tanggal : 19 Februari 2021 jam 14.00 sd selesai. Beberapa hal menarik  yang akan di sajikan dalam acara tersebut adalah, berkat adanya kolaborasi menarik yang tersaji antara BARANTUM dengan BAHASA KITA  :

  1. Bahwa kami akan menghadirkan Tren Terkini Sistem Contact Center tahun 2021. Di mana salah satu hal yang akan kami sampaikan adalah bahwa : Sistem contact center bisa di gunakan sebagai media analisa atau evaluasi  terhadap bisnis yang sedang di jalankan. Hal itu bisa di lakukan karena integrasi sistem contact center sudah bisa melakukan  : ( A. Transkripsi dari suara ke teks  sehingga memudahkan dalam hal melakukan analisa dan evaluasi   B. Bisa mendapatkan analisa sentimen dan emosi dari percakapan yang terjadi antara kedua belah pihak. Sehingga dari sana bisa di analisa lebih jauh untuk perbaikan  pelayanan kepada customer.C. Bisamengambil banyak insight positif dari percakapan tersebut, karena kemudahan yang bisa di hasilkan dari hasil percakapan tersebut  D.  Bisa di jadikan media untuk pengukuran KPI dari para agen contact center yang bersangkutan  E. Serta yang paling penting adalah hasil dari percakapan tersebut bisa dijadikan case study. Sehingga hal itu bisa di gunakan untuk keperluan bisnis pada saat kondisi dan masalah yang sama.
  1. Bahwa kami akan memberikan satu demo praktis tentang aplikasi sistem call center yang  sudah terintegrasi sesuai dengan tujuan bisnis. Sehingga dari demo contact center  itulah peserta bisa mendapatkan insight dan pengalaman terbaru dalam menggunakan sistem contact center  yang sudah terintegrasi.
  2. Bahwa kami juga akan memilih dua perusahaan dari peserta yang hadir dalam acara tersebut untuk kami jadikan sample penggunaan sistem contact center yang  terintegrasi. Dimana teknis pemilihannya akan di bicarakan pada saat acara webinar tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x