Mohon tunggu...
Achmad Irfan
Achmad Irfan Mohon Tunggu... Administrasi - KAHMI (Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam)

Saya Suka membaca dan menulis tentang sosial,politik, Hukum, Ekonomi, Budaya

Selanjutnya

Tutup

Bola

Jepang Taklukkan Spanyol 2-1, Ao Tanaka Memuluskan Jalan Ninja Samurai Biru ke 16 Besar dan Membuat Jerman Angkat Koper

2 Desember 2022   07:02 Diperbarui: 2 Desember 2022   08:20 205
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gelandang Jepang Ao Tanaka memastikan Kemenangan Jepang menjadi 2-1 atas Spanyol (Dok: AFP/Giuseppe Cacace)

Di laga terakhir atau matchday ketiga  grup E persaingan semakin panas, karena semua peserta mempunyai peluang yang sama untuk  lolos ke 16 besar. Dalam waktu bersamaan, yaitu Spanyol vs  dengan Jepang sedangkan Jerman  vs Kosta Rika, pada Jumat (2/12/2022), dini hari  WIB.

Pertandingan Spanyol dengan Jepang berlangsung di  Khalifa International Stadium. Jepang harus mengalahkan Spanyol untuk lolos 16  besar, begitu juga dengan Spanyol harus menang atas Jepang  untuk mengamankan tiket 16 besar.

Dari awal babak pertama, Spanyol langsung menguasai dan menekan pertahanan Jepang, sampai menit ke-10 terjadi beberapa serangan dan tembakan pemain Spanyol, tetapi banyak yang melenceng dan melebar dari sasaran.

Di menit ke-11, La Furia Roja membuka kran gol menjadi 1-0 lewat aksi sundulan tajam Alvaro Morata usai menerima umpan crossing dari Cesar Azpilicueta. Usai gol pertamanya,  Spanyol tetap mengurung benteng pertahanan tim samurai biru, namun rapat dan banyaknya barisan pemain Jepang di lini belakang membuat skor kacamata 0-0 bertahan sampai turun minum.

Tertinggal 1-0 dari Spanyol,  di awal babak kedua Jepang mulai bangkit dengan menyerang Spanyol dari berbagai arah. Usaha serangan tim samurai biru membuahkan gol, melalui sepakan Ritsu Doan pada menit ke-48 yang tidak dapat dibendung dengan sempurna oleh kiper Spanyol, membuat kedudukan menjadi imbang 1-1.

Berhasil menyamakan kedudukan, Jepang lebih semangat dalam membangu variasi serangan. Tiga menit berselang,. Tepatnya pada menit ke-51 melalui Sambaran Ao Tanaka  membuat Jepang berbalik unggul 2-1, usai menerima umpan matang Kaouro Mitoma

Gol ini sempat menjadi kontroversi, karena posisi  kaki Kauro Mitoma menendang bola  terlihat sudah melewati garis. Wasit mencoba melihat dari VAR dari berbagai sudut, dan wasit mengesahkan gol dari Ao Tanaka.

Ketinggalan satu gol, La Furia Roja menggencarkan serangan habis-habisan ke pertahanan  Jepang untuk menyamakan kedudukan, di sisi lain tim samurai biru melakukan pressing ketat kepa pemain Spanyol. 

Sampai babak kedua berakhir, Jepang berhasil mempertahankan kemenangan 2-1 atas Spanyol. Pertandingan lainnya, Jerman mampu menundukkan Kosta Rika dengan skor 4-2. Dengan hasil pertandingan tersebut Jepang dan Spanyol melaju ke babak 16 besar, sedangkan Jerman harus rela angkat koper karena kalah agregat gol dengan Spanyol meskipun mengumpulkan poin yang sama.

Susunan Pemain

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun