Mohon tunggu...
Abiyyu Muhadzib
Abiyyu Muhadzib Mohon Tunggu... Mahasiswa

mahasiswa ilmu komunikasi UIN SUKA NIM 20107030106 Haiiii mau liat apa? baru belajar kok, buat tugas doang hehe

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Pria Harus Mengetahui: Inilah Japanese Style dari Negeri Sakura!

18 Maret 2021   19:59 Diperbarui: 18 Maret 2021   20:55 250 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pria Harus Mengetahui: Inilah Japanese Style dari Negeri Sakura!
moladin.com

Japstyle? siapa sih yang tidak mengenal style motor ini bagi kalian para pecinta motor? yups ini adalah japstyle kendaraan roda 2 yang telah dimodifikasi yang memunculkan kesan terlihat minimalis, eksotis, dan tentu saja lebih gagah. Siapa para penggemar motor yang tidak ingin mengubah dan memodifikasi motor mereka menjadi motor kreasi japstyle tersebut. 

Bagi seorang penggemar motor, melihat, dilihat, maupun menikmati saat sedang berkendara dengan motornya dalam kondisi standar tidak akan membuat mereka merasa cukup untuk memuaskan dirinya. Inilah alasan yang pada akhirnya cukup untuk membuat banyak orang memodifikasi motornya sedemikian rupa agar tampak lebih mengesankan dan membuat tarikan pada motor mereka menjadi lebih gahar. 

Motor japstyle ini pertama kali terinspirasi dari style modif motor di Negeri Paman Sam dan Daratan Eropa, maka terciptalah sebuah motor dari negeri sakura ini yaitu Jepang yang telah menemukan style modif mereka sendiri yang mana penamaan 'Japstyle' sendiri ialah kependekan dari 'Japannese Style'.

Nah kalian tau tidak sejak tahun 1980-an japstyle ini dulunya sudah mulai tenar pada jamannya, akan tetapi pada tahun itu pembuat motor di Jepang tidak terlalu berfokus pada penamaan hasil karya modifnya dengan nama japstyle, dikarenakan pada saat itu belum ada acuan tentang motor modifikasi tersebut.

Mulai awal tahun 1990-an berdirilah bengkel yang terfokus khusus pada modifikasi motor di distrik Shibuya, Tokyo, Jepang yang bernama Brat. Bengkel ini secara khusus memodifikasi motor - motor dengan style yang terinspirasi dari motor - motor luar negeri yang sudah mulai dikenal oleh banyak penggemar kendaraan beroda 2 ini seperti motor scrambler, Bobber, Choppy Cub, Speedway, Speed Chopper dan Sport Bikes.

Masyarakat Jepang adalah orang - orang yang dikenal sebagai masyarakat yang memiliki kebanggaan tinggi sampai membuat semua orang didunia mengakuinya dan sebagai seseorang yang telah terikat dengan jati diri mereka sebagai penganut yang menjunjung tinggi harga diri mereka, sehingga mereka tidak ingin disebut sebagai orang yang telah menjiplak style modifikasi dari luar negara mereka. 

Hal inilah yang membuat sang owner dari rumah modifikasi Brat menamai hasil modifikasi mereka menjadi Brat Style, yang berarti hasil modifikasi dari bengkel Brat. Dengan membuat kreasi baru style tersebut, banyak bengkel modifikasi mengikuti model yang telah dibuat dari pihak bengkel Brat tersebut.

motor-omotif.blogspot.com
motor-omotif.blogspot.com
yups model modifikasi tersebut yang menjadikan sorotan bagi para pecinta motor dan pada awalnya dimulai dari negeri sakura ini yang telah terinspirasi dari beberapa negara. 

Pada awalnya model modifikasi ini biasa disebut dengan Bratly Style. Dan tau tidak dari kalian jika nama tersebut telah berganti? hehehe.. Pasalnya model modifikasi Bratly Style sendiri telah menjadi sorotan dari seluruh belahan dunia ini dan seperti yang kalian ketahui bahwa modifikasi ini berasal dari Jepang, maka dari itu yang telah membuat nama Bratly Style menjadi nama Japstyle!

Heiyooo.. Apakah ada yang tau modifikasi Japstyle sendiri berkembang lagi atau tidak? Hahaha.. Kalian benar sekali,model modifikasi ini tidak hanya berhenti di Japstyle saja lohhh.. Akan tetapi masih berkembang lebih jauh lagi dan menjadikan berbagai model motor yang lainnya seperti Street Tracker, Flat Tracker, Street Demon, Japaneesse South Carolina, dan juga Cafe Racer.

Jika muncul dibenak kalian,bagaimana cara modifikasi Japstyle ini bisa muncul di Indonesia? Ya, modifikasi Japstyle ini bisa ada di Indonesia karena pertama kali masuk di Indonesia dipelopori oleh seorang anak dari kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia yang bernama Franky Morry Astorianto saat ia kembali membawa majalah modifikasi motor dari Jepang, saat itu dia terinspirasi dan juga terbesik dibenaknya untuk mencoba memodifikasi motornya sendiri dan tidak lupa juga dia memanggil ketiga temannya dan bersama sama memodifikasi motor mereka sampai mengubahnya menjadi motor Japstyle

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x