Mohon tunggu...
Abiyyu Muhadzib
Abiyyu Muhadzib Mohon Tunggu... Mahasiswa

mahasiswa ilmu komunikasi UIN SUKA NIM 20107030106 Haiiii mau liat apa? baru belajar kok, buat tugas doang hehe

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Main Saham? Saham Dijadikan Mainan?

5 Maret 2021   22:43 Diperbarui: 6 Maret 2021   01:18 130 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Main Saham? Saham Dijadikan Mainan?
whatsapp-image-2021-03-05-at-10-42-36-pm-604275e98ede4823bd00a452.jpeg

Saham? Bagaimana si mekanisme atau cara kerja saham sendiri? Apakah kita akan mendapatkan keuntungan atau justru rugi? Mungkin pertanyaan ini yang sering keluar dari kalian. Mari kita ulas bersama apa si saham itu,dan bagaimana cara kerjanya.

Ada beberapa istilah dalam memahami apa yang dimaksud dari saham,mulai dari investasi saham, pialang, bursa efek (pasar modal),dividen serta istilah lainnya. Supaya kita lebih memahami apa yang dimaksud dengan saham,saya akan menggunakan bahasa yang sederhana supaya mudah dipahami saya akan menggunakan gambaran bagaimana cara kerja jual beli saham tersebut.

Pengertian istilah dalam saham ada beberapa jenis,mari kita bahas secara perlahan.

Apa si yang dimaksud dengan saham,definisi atau pengertian saham sendiri ialah "Surat berharga yang menunjukkan bagian kepemilikan atas suatu perusahaan". Artinya, jika kita membeli 0,5% dari totalan saham yang di jual berarti kita membeli 0.5% kepemilikan dari perusahaan itu dan berhak mendapatkan dividen dan secara otomatis akan diberikan akan dikirimkan ke rekening sekuritas yang kalian miliki.

Dividen secara definisi atau pengertiannya adalah "Pembagian laba kepada pemegang saham terakhir berdasarkan hasil dari presentase atau banyaknya saham yang dimiliki". Jika saham menghasilkan keuntungan maka dividen sendiri akan dibagikan kepada para pemegang saham biasanya dibagikan dalam periode setiap satu tahun sekali. Biasanya dibagikan setiap awal tahun atau akhir tahun. Tetapi jika laba yang didapatkan oleh perusahan minus,maka kita tidak akan mendapatkan sepersenpun laba.

Sebelum masuk lebih dalam lagi,kita akan membahas apasi yang dimaksud dengan lot itu

Jadi lot adalah sebuah istilah yang dipakai oleh pialang untuk menyebut satuan volume saham.

Jika ada pertanyaan "kita harus beli minimal berapa saham untuk bisa masuk kedalam trading?"

Maka jawabannya adalah minimal harus beli satu lot. Satu lot di Bursa Efek Indonesia (BEI) jumlahnya 500 lembar saham. Untuk saham-saham bank biasanya satu lot saham sama dengan 100 lembar saham. Jadi minimal jika kita ingin membeli saham maka kita harus membeli minimal 100 lembar saham.

Tapi jangan kecewa duluu,masi ada beberapa perusahaan yang menjual saham dibawah satu lot, istilah ini dikenal dengan odd lot, dan biasanya untuk pembelian dibawah satu lot atau odd lot itu bergantung dengan kebijakan masing-masing broker saham atau biasa kita sebut pialang.

Kira-kira berapa yaaa harga satu lot saham sendiri?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x