Mohon tunggu...
Jong Celebes
Jong Celebes Mohon Tunggu... Administrasi - pengajar

"Tidak ada kedamaian tanpa Keadilan"

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Sekali Bermental Kriminal Akan Tetap Kriminal

23 Juni 2020   18:38 Diperbarui: 23 Juni 2020   18:38 189
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar Ilustrasi katak vs kalajengking. Foto: laprogressive.com

Sebuah kisah yang ditulis Andrew Matthews dalam bukunya follow your heart tentang kisah seekor Katak dan kalajengking.

Dikisahkan, seekor kalajengking ingin menyeberangi sungai tapi karena tidak bisa berenang, si Kalajenking meminta tolong kepada katak yang sedang asik berenang di pinggir sungai. "Tak, saya ingin menyeberang sungai tapi saya tidak bisa berenang bisa kamu menolong saya menyeberang," pinta sang Kala.

Si katak bergeming dan berkata, "kamu kan Kalajengking, bukankah kalajegking menyengat kodok?" sergah Kodok curiga.

Maklum lah dengan track record dan perangai si Kala yang kejam sering menyengat kodok, si Kala berkilah, "Kenapa saya harus menyengatmu, saya hanya ingin menyeberang," kilah Sang Kala.

Karena si Kala terus merayu katak, hati katak akhirnya luluh juga.

Singkat cerita, si Katak menyuruh Kala naik ke punggungnya. Apa yang terjadi? Di tengah sungai, si Kala berubah pikiran, perangai asli kalajengkingnya muncul lalu menyengat punggung katak.

Saat sakaratul maut, si Katak bilang, "Kenapa kamu menyengatku, kita berdua akan tenggelam."

Dengan santai Si Kala menjawab," karena saya kalajengking maka saya menyengatmu itulah caraku."

Akhirnya, Sang katak dan Kalajengking tenggelam bersama.

Hikmah cerita di atas adalah jangan terlalu polos dan mudah percaya pada ucapan dan mulut manis seseorang. Sekali bermental kriminal akan tetap kriminal kendati sudah menyatakan tobat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun