Ibnu Sa'dan
Ibnu Sa'dan karyawan swasta

Belajar menulis untuk pencerahan diri

Selanjutnya

Tutup

Marketing

Dapat Uang Lewat Ngeblog Gampang-gampang Susah

13 Agustus 2012   19:18 Diperbarui: 25 Juni 2015   01:49 916 2 4

Mencari uang dengan ngeblog ternyata gampang-gampang susah. Dikatakan gampang karena sumbernya banyak sekali. Dan semuanya bisa dipelajari. Tidak perlu sekolah khusus sampai tinggi. Cukup punya kemauan, dan terus belajar mengasah kemamupan, hasilnya pasti akan tercapai. Di Kompasiana saja kita bisa mendapat uang, ikut lomba tulis puisi, ngeblon sambil sahur dan berkreasi membuat ucapan selamat lebaran hadiahnya cukup menggiurkan untuk THR menyambut lebaran.


Di kompasiana ini baru satu sumber. Belum lagi kalau kita punya bakat untuk berjualan. Buat blog dengan mempromosikan barang dagangan, jika barangnya laku untungnya pun lebih menggiurkan. Jika tidak punya barang sendiri kita bisa juga menjual barang orang lain. Barang yang dijual pun bisa beragam. Mulai dari hasil kerajinan tangan atau barang-barang produkasi pabrik, sampai pada suatu keahlian yang dikemas dalam tulisan. Semuanya bisa dipasarkan.


Selain itu masih ada lagi juga jasa iklan. Jika blog yang kita buat kontennya bagus dan banyak pengunjung setiap hari, iklan dari siti pun bisa di pasang. Iklan ini akan dibayar kepada kita oleh penyedia jasa iklan tersebut setiap kali ada pengunjung blog kita melakukan klik pada iklan itu. Cara mempelajarinya cukup mudah, bukan weisitenya iklan siti semua petunjuknya ada di situ.


Karena banyak sumber pendapatan yang dapat diraih dengan ngeblog maka tidak salah lagi jika dikatakan mencari uang lewat ngeblog itu memang gampang. Tapi tunggu dulu! Jangan mudah terpengaruh dengan iklan-iklan yang menyesatkan. Misalnya, ada iklan yang mengatakan: Dalam lima menit langsung bisa dapat untung ratusan juta rupiah. Iklan seperti itu bisa disebut iklan yang menyesatkan.


Karena kita tidak mungkin akan mendapat sesuatu hasil jika tidak bebrbuat sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain. Ngeblog yang menghasilkan adalah ngeblog yang bisa memberikan sesuatu faedah bagi orang lain. Paling kurang memberi suatu pelajaran berharga yang tidak mudah diperoleh oleh pembaca blog kita di tempat lain.


Di sinilah terdapat susahanya. Jika kita tidak mau belajar dan terus belajar, bagaimana cara ngeblog yang benar, jangan mimpi bisa dapat uang lewat ngeblog. Sama saja dengan menulis di kompasiana, kalau tidak terus melatih diri tidak akan mungkin bisa jadi pemenang.Baik dalam menulis piusi puasa, ngelog sambil sahur dan met lebaran, dan tidak akan banyak dibaca orang kalau isinya tidak bagus dan berkualitas.