Mohon tunggu...
abshorah abdillah
abshorah abdillah Mohon Tunggu... Mahasiswa - abshorah

Marketing

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Kegiatan Magang di SMA Muhammadiyah 1 (Bantul)

5 Desember 2021   21:00 Diperbarui: 5 Desember 2021   21:03 167 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Nama saya Abshorah,saya seorang mahasiswa PBA semester tujuh di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Melamar magang di bulan September dan mulai magang sejak 1 Oktober 2020 di SMA Muhammadiyah 1 Bantul. Kenapa harus SMA Muhammadiyah 1 Bantul? SMA Muhammdiyah 1 bantul adalah lembaga yang bekerja sama dengan kampus Universitas Muhammadiyah yogyakarta dan saya sangat bersyukur kepada lembaga ini karena masih membuka lowongan magang pada masa pandemi dan beruntung sekali saya mendapatkan kesempatan bergabung.

Setelah resmi bergabung,kami terbagi menjadi beberapa kelopok.Kelompok kami terdiri dari 8 orang dan masing masing memiliki jadwal mengajar di kelas,hal yang baru saya ketahui ketika pertama kali ke sekolah ternyata masih banyak karakter orang di luar sana yang harus saya kenal dan pahami.Dalam proses belajar mengajar,terutama karakter para peserta didik saya yang berbeda-beda.

Hari pertama saya mengajar di kelas XI mipa C mata pelajaran bahasa Arab,dalam proses pembelajaran respon para siswa/siswi sangatlah positif kepada saya sebagai pengajar dan saya merasa tambah bersemangat dan menikmati proses magang saya.proses pembelajaran di hari pertama menggunakan media online hal ini tidak menjadi kendala atau penghalang bagi saya dan para siswa/siswi dalam melaksanakan pembelajaran,proses pembelajaran berlangsung lancar dan teratur dan pembelajaran berjalan sesui dengan arahan dah metode pebelajaran yang di berikan oleh guru pamong.

Selama magang di sini, sudah banyak sekali moment berharga yang saya dapat. Saya belajar bagaimana berkomitmen, bekerjasama dalam tim,dan melakukan rapat online karena sedang tidak bisa bertatap muka, ikut serta dalam berbagai kegiatan positif di SMA Muhammadiyah 1 Bantul, mendapat jadwal mengajar setiap minggu ,ikut Qiro'ah setiap hari jum'at, dan menertawakan bercandaan receh di sela waktu setelah pembelajaran,siswa/siswi mereka yang selalu menghibur saya, dan masih banyak lagi.Sebagai anggota team magang, saya harus mampu memaparkan materi pembelajaran dengan baik dan benar sesuai dengan ilmu yang saya pelajari selama menjadi mahasiswa.

Meskipun waktu magang bertepatan dengan masa pandemi Covid-19, hal tersebut sama sekali tidak menyurutkan semangat saya bersama teman teman, saya merasa telah berkembang menjadi pribadi yang berbeda. Kehidupan mahasiswa saya yang “tadinya” malas-malasan seketika berubah menjadi lebih produktif. Saya cukup sering mendapat pengarahan dan ikut serta dalam rapat yang bersama dosen pemimbing dan guru pamong.

Pelaksanaan magang berlangsung satu bulan penuh, pada tanggal 30 oktober 2021 adalah hari tekhir magang di SMA Muhammadiyah 1 bantul,dan pada tanggal 2 Desember team magang kami mengadakan acara perpisahan dengan Kepala sekolah dan guru pembinbing kami selama mengajar di SMA Muhammadiyah 1 Bantul.

Saya sangat beryukur bisa bergabung dan mengajar di sana karena selain respon dari siswa/siswi yang ramah saya mendapat pengalaman yang berharga di sana yauitu mengjar siswa/siwi secara langsung dan memperagakan metode metode pembelajaran yang telah di pelajari di bangku kuliah di tambah dengan suasana sekolah yang adem dan sejuk karena di sana banyak pohon pohon yang tertanam rapik layaknya seperti taman yang sangat indah.

dokpri
dokpri

Saya berharap, semoga pandemi cepat berakhir, semua pembelajaran kembali normal seprti sebelumnya,semoga visi dan misi sekolah tidak terhabat dan dapat mewujudkan cita cita negara yaitu mecerdaskan kehidupan bangsa.

Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada SMA Muhammdiyah 1 Bantul telah memberikan saya kesempatan bergabung, mengajarkan saya hal-hal baru, mempertemukan saya dengan momen yang menarik dan orang-orang baik. Semoga selama satu bulan ini, saya memberikan kesan yang baik untuk siswa/siswi dan para guru dan semoga bahasa Arab yang telah saya ajarkan berguna dan dapat di praktekan sehari hari oleh siswa/siswi. Untuk siapapun yang membaca tulisan ini saya ucapkan maaf karena lumayan “kacau” dan semoga orang orang yang berbuat baik mendapat pahala yang melimpah, Abahorah.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan