Mohon tunggu...
Lutvi Rizki Amalia
Lutvi Rizki Amalia Mohon Tunggu... Mahasiswa - ^-^

yuk mampir!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peta Kehidupan di Perkuliahan dan 5 Tahun yang Akan Datang

22 September 2021   07:10 Diperbarui: 22 September 2021   07:20 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Hallo, Kenalan dulu yuk! Nama aku Lutvi Rizki Amalia bisa dipanggil Lutvi. Aku wanita berumur 18 tahun, kira kira aku sekolah dimana sih? Nah aku udah lulus ya teman teman dan sekarang menjadi mahasiswa baru di salah satu kampus swasta yang ada di jakarta timur. Aku tinggal di Bogor, teman-teman ada yang anak bogor juga ga nih? Hehe.

Nah tadi kan kita udah kenalan nih, sekarang aku pengen sedikit cerita terkait perjalanan aku di dunia perkuliahan dan beberapa harapan yang ingin diraih. Pertama cerita yang sedih dulu deh ya biar nanti endingnya bahagia hihi okedeh temen-temen langsung aja ya.

Aku lulusan di SMA Negeri daerah Bekasi, yang mempunyai harapan ketika lulus akan masuk di Perguruan Tinggi Negeri namun pada kenyataannya takdir berkata lain. Waktu UTBK aku ujiannya di pusat ITB, iya memang jauh ya dari lokasi tempat tinggal aku, dan berangkatnya juga perjuangan sekali waktu itu naik grabcar dan sama sekali gatau daerah bandung huaa. 

Tapi ternyata perjuangan itu tidak membuahi hasil yang aku harapkan, saat itu juga aku berfikir dan menurunkan niat untuk kuliah dan ingin bekerja saja karena aku merasa sudah mengecewakan orang tua, tetapi orang tua ku mengatakan "tidak usah disesali, tidak usah mengatakan bahwa itu adalah perjuangan yang sia-sia, jadikan lah itu perjalanan hidup kamu dalam meraih mimpi, menuntut ilmu tidak mengharuskan kamu sekolah di Perguruan Tinggi Negeri", dari situ niat kuliah yang tadinya menurun jadi semangat lagi dengan dukungan orang sekitar juga.

Selanjutnya aku mau cerita tentang harapan-harapan aku di dunia perkuliahan dan ketika sudah lulus nih, waduh baru juga masuk tapi udah ngomongin ketika udah lulus aja hahaha namanya juga harapan ya temen-temen, kita boleh terus berharap tapi yang nantinya menentukan adalah Allah SWT. Harapan yang pengen aku ceritakan ada dibeberapa macam, diantaranya yaitu Harapan Di Lingkungan Perkuliahan, Harapan Selama Menjadi Mahasiswa, Harapan di Jurusan Manajemen, dan Harapan 5 Tahun Kedepan.

Pada awal kuliah salah satu hal yang pastinya sangat penting yaitu faktor lingkungan, karena kita perlu beradaptasi terlebih dahulu terhadap lingkungan sekitar agar kedepannya kita bisa menjalankan aktivitas atau kegiatan dengan nyaman. Beradaptasi di lingkungan adalah hal yang sangat penting yang seharusnya dilakukan, karena faktor lingkungan memengaruhi pola kehidupan. Kalau lingkungannya baik maka kita nya juga jadi semangat dan ikut ingin menjadi pribadi yang baik pula, jadi kita harus pintar pintar memilih lingkungan yang sehat, baik, dan nyaman. Aku berharap aku akan mendapatkan lingkungan yang ada dibawah ini.

Harapan di Lingkungan :
1. Mendapatkan teman yang membawa aura positif
2. Mendapatkan teman yang receh
3. Mendapatkan teman yang mau diajak kerjasama
4. Dikelilingi dengan orang orang yang suka menolong

Lalu, ketika sudah menjadi mahasiswa tentunya banyak harapan-harapan yang ingin diraih seperti aktif dibidang akademik maupun non akademik. Ketika sudah menjadi mahasiswa yang biasanya disebut maha dari siswa yang berarti bukan lagi pelajar seperti di SMP SMA yang masih diurus oleh sekolah, menjadi seorang mahasiswa kita dituntut agar bisa mengambil keputusan jalan sendiri. 

Katanya dunia perkuliahan itu KERAS makanya kita tidak bisa bergantung pada orang terus menerus. Awalnya kata kata itu membuat aku takut untuk menjalani dunia perkuliahan dan rasanya tidak ingin memasuki dunia perkuliahan, tetapi lingkungan yang memberi dukungan sehingga rasa takut itu lama kelamaan hilang dengan sendirinya.

Harapan Selama Menjadi Mahasiswa :
1. Menjadi mahasiswa yang aktif, kreatif, dan inovatif
2. Mendapatkan IPK yang terus meningkat
3. Mempertahankan beasiswa sampai lulus
4. Lulus kuliah tepat waktu dengan nilai yang memuaskan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun