Mohon tunggu...
Lukmanul Hakim
Lukmanul Hakim Mohon Tunggu...
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Menulis untuk Perubahan - Jangan Pernah Berhenti untuk Belajar - Selalu Semangat dan Berkarya melalui ide dan gagasan yang dituangkan dalam tulisan.

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Apa Akibatnya Jika Usai Santap Sate Kambing, Minum Es Jeruk?

7 Mei 2018   16:53 Diperbarui: 7 Mei 2018   16:59 7590 1 1 Mohon Tunggu...

Sobat Kompasiana..

Kalau menyebut "sate", kita akan tertuju pada Sate Kambing, meskipun ada beberapa variasi sate dari Sate Ayam, sate blengong, sate kerbau, sate kelinci dan variasi sate lainnya. Namun, kali ini yang akan dibahas oleh penulis adalah Sate Kambing. Sebuah menu yang menarik untuk dibahas, karena kenikmatan yang akan anda temui, jika menyantap Sate Kambing. Dengan taburan tomat, bawang merah mentah dan kecap pedas semakin menambah kenikmatan kelezatan Sate Kambing.

Begitu pula, saat memesan makanan, tentu kita akan ditawarkan oleh pemilih warung sate, berupa minuman. "Minumannya apa mas ?, Es teh manis, es teh tawar, Tawar panas atau Es Jeruk ?, begitu ucapnya saat menawarkan. Salah satu minuman yang akan penulis bahas adalah Es Jeruk, apa ada kaitannya kalau diminum usai menyantap Sate Kambing ?

Kaitan sate kambing dengan Es Jeruk

Dokpri
Dokpri
Ada anekdot, kambing itu mengandung apa ? Ada yang menjawab kalau dibuat sate akan berbahaya bila dikonsumsi berlebihan, karena mengandung kolesterol tinggi, darah tinggi dan lainnya. Sebetulnya jawaban yang betul, kambing itu mengandung "cempe". Cempe itu adalah sebuah nama anak kambing yang masih kecil. 

Sebetulnya apa sih dampak dari konsumsi sate kambing atau menu sejenisnya dari bahan kambing ? Sebetulnya, tergantung orangnya, karena ada beberapa orang yang memiliki penyakit dan dilarang untuk mengkonsumsi daging kambing. Banyak kandungan kolesterol yang terdapat pada daging kambing yang mencapai 39mg pada iap 100 gram. Hal ini bisa memicu kolesterol, sehingga bisa berbahaya.

Lalu apa kaitannya dengan Es Jeruk ?

Ternyata es jeruk nipis bisa sebagai penstabil kondisi kesehatan sesudah konsumsi sate kambing. Hal ini disebabkan,  jeruk nipis mengandung senyawa yang disebut limonin glukosida. Zat yang ditemukan dalam banyak buah jeruk ini dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol buruk.

Selain, bawang merah mentah, ternyata es jeruk nipis bisa menstabilkan kandungan lemak yang terdapat pada sate kambing. Menurut media klikdokter.com, jeruk nipis juga mempunyai manfaat untuk memenuhi jumlah vitamin C dalam tubuh. Satu cangkir jus jeruk nipis mengandung 94 miligram vitamin C, di mana jumlah ini cukup untuk memenuhi kebutuhan harian yang direkomendasikan untuk kebanyakan orang dewasa. 

Vitamin C dapat membantu mengubah kolesterol menjadi asam empedu, yang penting untuk pencernaan lemak. Perubahan ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah.

Setelah ini, saat mengkonsumsi sate kambing, untuk menetralisirnya agar kondisi kesehatan stabil, pesanlah es jeruk nipis sebagai penstabil dan mengurangi kadar kolesterol yang ada pada sate kambing.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN