Mohon tunggu...
Abimanyu Arya Ramadhan
Abimanyu Arya Ramadhan Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa Program Studi S1 Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta asal Wonogiri, Jawa Tengah

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Mimpi Masuk UGM

22 November 2020   21:30 Diperbarui: 22 November 2020   21:40 111
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Aku adalah anak kedua dari tiga bersaudara dikeluargaku. Terlahir dari keluarga yang berpenghasilan sedang membuat hidupku tidak seperti orang-orang kebanyakan yang bisa dikatakan cukup mampu. Ibu dan ayahku selalu mendorong aku dan saudara kandungku untuk terus belajar agar kelak bisa memperoleh kehidupan yang lebih baik dari keadaan orang tuaku sekarang. Motivasi dan dorongan untuk terus berusaha selalu diberikan kepadaku. Aku mulai belajar saat masuk pendidikan kanak-kanak atau TK pada umur 4 tahun. Setelah lulus dari TK, aku melanjutkan ke SD. 6 tahun belajar di SD membuat diriku untuk dapat terpacu agar terus giat belajar dan belajar.

Saat SD pun aku juga pernah ikut 2 lomba, yaitu lomba olahraga dan lomba olimpiade IPA, tapi memang hasilnya belum bisa membanggakan. Setelah lulus dari SD, aku pun melanjutkan ke tingkat SMP. Disinilah aku berusaha mengembangkan lagi skills yang aku butuhkan kelak agar berguna kedepannya. Ikut lomba dan kegiatan ekstrakurikuler saat SMP cukup membuat diriku berkembang. Kemudian aku melanjutkan ke SMA, saat inilah aku berusaha lagi untuk mencari pengalaman terbaik dan belajar hidup mandiri karena sekolah jauh dari rumah. Di SMA ini aku lebih terpacu lagi untuk mengembangkan skills yang ingin aku improve.

Kegiatan lomba-lomba dan kegiatan non akademik aku ikuti yang tentunya untuk menambah pengalamanku. Ikut OSIS dan Paskibraka SMA membuat diriku bisa menjadi disiplin, tanggung jawab, dan mempunyai jiwa kepemimpinan. Pada waktu SMA ini aku juga berhasil meraih juara dikelas, lebih tepatnya juara 1. Selain itu aku juga meraih juara 1 pararel IPA. Dari sinilah aku mulai berpikir untuk nantinya setelah lulus SMA aku akan kerja atau masuk ke dunia perkuliahan. Info-info yang ada berusaha aku cari, baik dari sekolah maupun dari media internet. Hingga akhirnya aku mencoba beberapa jalur masuk kuliah, baik dari jalur undangan maupun jalur tes tulis.

Selain itu aku juga mengikuti beberapa latihan ujian atau lebih sering dikenal dengan tryout. Berawal dari latihan-latihan ujian ini aku mulai tertarik untuk melanjutkan kuliah di UGM, lebih tepatnya di jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota. Beberapa kali seleksi masuk UGM aku ikuti, sebelum akhirnya aku lolos di jurusan yang aku impikan sejak SMA ini. Mimpi ini awalnya tidak terpikirkan akan tercapai, tapi atas izin Allah impianku ini akhirnya bisa tewujud.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun