Mohon tunggu...
Sabri Leurima
Sabri Leurima Mohon Tunggu... Ciputat, Indonesia

Sering Dugem di Kemang Jakarta Selatan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

"Suanggi", Hantu Nyata Khas Orang Maluku

9 Juni 2019   12:18 Diperbarui: 9 Juni 2019   12:21 737 1 0 Mohon Tunggu...

Indonesia memang kental dengan hal-hal mistis. Teringat sejak tahun 90-2000 an kita didongenin dengan cerita-cerita horor, bahkan serial film tahun-tahun demikian banyak di dominasi oleh film horor, mulai dari Kuntilanak, Kolor Ijo, Sundelbolong, SusterNgesot, dan Tuyul. Hantu-hantu ini selalu mewarnai cerita publik masa itu dan menggempar seluruh tanah Jawa, tidak tahu dengan sekarang apakah masih ada atau tidak.

Bukan saja wilayah Jawa beserta keberagaman hantunya yang melegenda cerita masa lalu. Orang Maluku juga mempunyai cerita yang sama dengan hantu-hantu di tanah Jawa. Lebih dekat dikenal dengan sebutan "Suanggi". Suanggi merupakan hantu dalam kehidupan nyata orang Maluku. Tidak meninggal, namun hidup dalam kehidupa nyata.

Yang membedakanya adalah Suanggi identik dengan manusia berilmu hitam, suka berburu lidah anak bayi ketika meninggal. Suanggi di Maluku hidup berdampingan dalam tatanan lembaran sosial. Hanya saja bagi masyarakat Maluku Suanggi adalah manusia hidup yang berbahaya. dengan ilmu hitamnya dia bisa membunuh dan menggangu siapa saja yang tidak disukai.

Konon, Suanggi di Maluku bisa berubah-rubah menjadi binatang, inilah cerita Suanggi hantu legendaris orang Maluku. Bicara Suanggi saya teringat waktu kecil. semasa kecil merupakan masa dimana, kita bebas mendengar apa saja tanpa bisa membedakan ini benar atau salah. Terjelas kala itu, cerita soal Suanggi seringakli terdengar, di Sekolah, Rumah, Lingungan Sekitar semua membicarakan Suanggi.

Sampai-sampai bila ada acara hajatan besar dikampung seperti nikahan, orang meninggal, atau hajatan lainnya; sering orang tua melarang kita untuk bergabung, atau makan sembarangan di hajatan tersebut. Alasanya, ya jangan sampai ketemu orang Suanggi. Terkadang, menurut himbauan orang tua, di acara hajatanlah Suanggi berada dan memainkan peran dengan cara-cara halus.

Sebenarnya yang mengerikan dari Suanggi bukan karena wujudnya. Karena di Maluku Suanggi dianggap seperti manusia pada umumnya, hanya saja apa yang dilakukannya. Hal yang dilakukan ialah membuat orang sengsara hidupnya, hingga bisa berkahir nyawa atas dasar ketidaksukaan dia pada orang tersebut. Seperti ilmu santet pada prinsipnya, hanya saja Suanggi bergerak atas kehendak sendiri.

Cerita Suanggi tak hanya menghantui Horor di Maluku, dibagian Timur Indonesia seperti Papua, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur memiliki kisah yang sama soal Suanggi. Bisa dibilang Suanggi adalah hantu horor khas orang Timur.

VIDEO PILIHAN