Mohon tunggu...
Abel Supinto
Abel Supinto Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Hadiah Kecil yang Berharga

25 Agustus 2017   15:03 Diperbarui: 25 Agustus 2017   15:38 691
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

HADIAH KECIL YANG BERHARGA, MITOKONDRIA

Halo, Selamat datang di Blog saya. Saya Abel Oktaviano Supinto kelas XI C/01 dari SMA Kolese Loyola. Di blog ini saya akan menuliskan apa yang sudah saya pelajari terutama untuk pelajaran Biologi dalam bentuk essay. Tujuan saya menulis essay ini adalah agar dengan membuat essay ini saya dapat belajar dan menggali lebih ilmu Biologi karena ilmu Biologi tidak ada habisnya. Saat kelas 10, saya kurang tertarik dengan Biologi karena hapalan dan mengenai hewan dan tumbuhan. Tetapi dikelas 11 ini saya menjadi lebih tertarik belajar Biologi karena mengenai anatomi tubuh. Hal itu karena saya menikmati karya Tuhan yang sungguh luar biasa. Semoga bermanfaat!

Kita adalah makhlup hidup yang diciptakan Tuhan paling sempurna diantara makhluk hidup yang lain. Tuhan sungguh hebat dan teliti dalam merancang tubuh kita yang sebenarnya tersusun oleh rangka rangka yang rumit. Tapi, kita tidak bisa bergerak tanpa sel, jaringan, organ dan sistem organ. Dan kali ini saya akan membahas tentang sel. Sel merupakan unit struktural dan fungsional dasar dari semua organisme. Semua fungsi kehidupan diatur dan berlangsung didalam sel. Berdasarkan jumlah sel penyusunnya makhluk hidup dapat digolongkan menjadi makhluk hidup uniseluler dan multiseluler. Makhluk hidup multiseluler berasal dari satu sel (zigot) yang kemudia terspesialisasi dan terdiferensiasi. Struktur sel terdiri dari Nukleus, sitoplasma beserta organelnya. Nah disini saya akan membahas mengenai salah satu organel sel yang bernama Mitokondria.

Sebelum itu, pernahkah anda mendengar mungkin guru anda berkata bahwa kepintaran seseorang berasal dari orangtua mereka?. Banyak yang pro dan kontra mengenai pertanyaan tersebut. Ada yang bilang kalau orang cerdas kalau minum ASI yang banyak (memang benar). Tetapi tahukah anda bahwa mitokondria didalam sel yang memiliki peran penting dalam kecerdasan seseorang?. Saya selalu berpikir keras mengenai hal itu. Pertanyaan terbesar saya adalah apakah benar organel tersebut berasal dari orangtua atau muncul sendiri? Jika berasal dari orangtua, siapa yang berperan? Ayah? Ibu? Atau keduanya?. Nah, disini saya akan mencoba memecahkannya. Pertama-tama kita harus tahu lebih mendalam tentang mitokondria dan bagaimana kita diciptakan melalui proses fertilisasi yang dilakukan oleh sel sperma dan sel telur. Agar bisa memahami lebih lanjut, saya akan mengingatkan anda kembali mengenai sel sperma dan sel telur

  • SEL SPERMA

PENGERTIAN SPERMA

Sperma adalah  sel yang berasal dari sistem reproduksi laki-laki. Sel sperma ini yang akan membuahi ovum yang merupakan sel telur pada perempuan yang terjadi didalam sistem reproduksi wanita. Sel sperma dan ovum merupakan cikal bakal seseorang yang berada dalam kandungan.

Sel sperma bentuknya seperti seperti kecebong yang berukuran 5 x 3 m dan ekornya mempunyai panjang 50 m sehingga tidak dapat dilihat secara langsung oleh mata kita untuk dapat melihat tubuhnya. Sel sperma tersusun dari tiga bagian, yaitu kepala, leher dan ekor. Sel sperma  ini akan bergerak untuk mencapai ovum. Sel sperma terdiri atas beberapa enzim untuk dapat bertahan dan menembus ovum, dan juga terdapat mitokondria pada yang berfungsi sebagai energi agar ekor dapat menggerakkan sperma untuk maju.

Pada saat dikeluarkan ( diejakulasi), sel sperma keluar bersama cairan semen, yang selanjutnya akan menuju ke vagina untuk melakukan fungsi utamanya, yaitu sebagai fungsi reproduksi juga berkembang biaknya manusia dan juga hewan, dengan kemampuan sperma untuk menembus lapisan terluar dari ovum sehingga terjadi fertilisasi (pembuahan)

STRUKTUR SPERMA

Sperma terdiri atas 3 bagian, yaitu: Kepala, bagian tengah atau midpiece dan ekor

1.Kepala

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun