MENUJU MERDEKA BELAJAR
(Kajian filosofis Kohesif antara Permendiknas No.20/2003 dengan Teori Filsafat Pendidikan dalam Kurikulum 2003 sebagai Cikal Bakal Merdeka Belajar)
_
Oleh : Habiburrahman
Â
_Abstraksi Latar_
Dalam rangka menguatkan pemahaman tentang beberapa aliran dalam pendidikan dunia khususnya pandangan-pandangan filsafat tentang pendidikan yang dikaitkan dengan undang-undang Sisdiknas no.20 Th. 2003.Â
Maka tulisan ini setidaknya memiliki tiga tahapan uraian pandangan dalam menjelaskan keterkaitan sekaligus menjadikannya sebagai kajian yang sistematis dan holistik.Â
Ketiga tahapan model penjelasan dan uraian dalam bahasan ini diperlukan dalam rangka menunjukkan bagaimana pendidikan kita sebelum Kurikulum K13 dan menjadi acuan (titik berangkat) dari awal Sisdiknas 2003 ini lahir (masa reformasi), kemudian bagaimana sisdiknas kemudian berubah sistem dan mekanisme kerja maupun manajemennya (semula sentralisasi) hingga kita sampai kepada sistem yang sekarang yang dituangkan dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan 2006 bahkan kurikulum 2013 yang sudah terdesentralisasi hingga hari ini.Â
Baru kemudian dalam bahasan akhir adalah memberikan gambaran bagaimana keterkaitan Undang-undang Sisdiknas 20/2003 tersebut dengan kohesivitasnya sebagai bagian dari teori filsafat yang ada dan menjadi cara pandang pendidikan Merdeka Belajar kita hari ini.
_Sekilas tentang kurikulum Pendidikan di awal Reformasi_