Kegiatan Implementasi Pemikiran
Ki Hajar Dewantara di Kelas/Sekolah
Oleh: ABDURRAHMAN KADER, S. Pd
CGP-2-Kota Tidore Kepulauan-ABDURRAHMAN KADER-1.1-Rancangan aksi
Â
A. Latar Belakang
Proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik semenjak kurikulum KTSP sampai pada kurikulum K13, yang merubah proses pembelajaran yang menjadikan peserta didik sebagai pusat belajar. Namun pada prakteknya masih banyak kekurangan bahkan cenderung tidak jalam karena kadang guru sudah terbiasa dengan pola pembelajaran lama dan tidak mau membuka diri menerima perubahan. Filosofi pemikiran Ki Hajar Dewantara memberi inspirasi untuk membuat sebuah kegiatan pembelajaran yang berorientasi kepada anak didik, dengan menitik beratkan pada kodrat keadaannya. Kodrat tersebut meliputi kodrat alam dan kodrat zaman. Dengan mengembalikan proses pembelajaran dengan peran guru sebagai Pamong, diharapkan bisa menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, rancangan aksi nyata ini dengan penerapan metode yang sesuai dengan kondisi peserta didik sebagai anak yang merdeka, sehingga bisa menciptakan kemerdekaan belajar bagi peserta didik dengan membuat pembelajaran yang menyenangkan sehingga mewujudkan  anak-anak kita, menjadi generasi yang sehat dan bahagia.
B. Manfaat dan Tujuan
Kegiatan pembelajaran ini bermanfaat untuk menumbuhkan kesenangan peserta didik dalam proses pembelajaran, merdeka dalam belajar serta menumbuhkan sikap pelajar Pancasila dalam diri peserta didik.
Sedangkan tujunnya yaitu terwujudnya Merdeka Belajar pada siswa sehingga berdampak pada peningkatan kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah dalam kehidupannya dan menumbuhkan karakter-karakter baik dalam proses pembelajaran.
Â