Mohon tunggu...
abdul dayan
abdul dayan Mohon Tunggu... karyawan swasta -

Guru SMP Islam Plus Mardhotillah Jakarta timur

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Bonceng Mobil

6 Desember 2014   15:36 Diperbarui: 17 Juni 2015   15:55 34
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Cerita ini saya dapat dari salah seorang teman saya. Waktu dia bercerita , saya sampai sakit perut tertawa karena membayangkan kejadiannya.

Sekitar tahun 1992 ada istilah BM atau bonceng mobil. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh anak – anak kalau ada mobil pick up yang melintasi jalanan depan rumahnya. Anak – anak akan segera melompat ke mobil tersebut untuk sekedar gaya – gayaan, pamer keberanian atau memang mengirit jalan kaki. Lumayan naik mobil walaupun jarak dekat.

Teman saya ini, sebut saja namanya Mamat, seorang anak yang baik. Rajin sekolah dan mengaji serta taat pada orang tua. Jadi buat dia BM itu perbuatan yang tidak baik dan sangat tidak perlu dilakukan. Apalagi kegiatan itu berbahaya. Dia khawatir terjatuh.

Pada suatu hari, Mamat dan beberapa temannya pulang dari sekolah. Mereka berjalan kaki seperti biasa karena pada tahun tersebut belum banyak sepeda motor atau sepeda. Sambil membicarakan kejadian – kejadian waktu sekolah dan terus bercanda, mereka terus berjalan walaupun cuaca pada hari itu cukup panas. Jarak rumah mereka dari sekolahcukup jauh.

Tiba – tiba melintas sebuah mobil pick up dengan pelan. Naluri BM teman – teman Mamat langsung terusik. “Wah ada mobil bak tuh, BM nyo..!” kata salah seorang teman Mamat. Teman – teman Mamat langsung menjawab dengan semangat 45,”Ayo ... mumpung mobilnya pelan, lagian juga panas banget kalo jalan kaki”.Si Mamat yang anak baik – baik langsung berkata, ”Engga ah... gue ngeri. Takut jatuh ah ...”. “Ja elah, tenang aja Mat entar gue pegangin, penakut amat”. Karena merasa terpojok dan tidak mau dianggap anak yang penakut si Mamat pun memberanikan diri untuk ikut BM. ”Iiiyaa deh.. gue ikut”. Mobil masih melaju dengan pelan, nampaknya Pak supir mengerti kalau si Mamat dan temannya mau BM. Satu persatu teman si Mamat berhasil naik, karena memang mereka sudah sering melakukannya. Tentu pandai.

Si Mamat agak sedikit takut dalam melaksanakan BM pertamanya. Mobil pick up itu masih melaju dengan pelan, berarti masih ada kesempatan untuk BM. “Ayo Mat ... lama bangat”. Kata salah seorang temannya. “Iyaa ... nih gue lagi coba”. “ Sini Mat, pegang tangan gue, entar lu gue angkat”. Mendengar temannya berkata seperti itu Mamat pun semakin Percaya diri. Dia terus berusaha. Sambil berlari kecil dia coba angkat badannya yang kurus dengan kedua tangannya. Dia mencoba menopang badannya dengan kedua tangannya di pintu mobil pick up itu. “Ayo mat... dikitlagi”. Sambil terus berusaha menopang badannya Mamat berusaha mengangkat kaki kanannya masuk ke mobil pick up tersebut. “Yes, dikit lagi Mat..”. “Tarik tangan gue dong”. Kata si Mamat. Temannya langsung menarik tangan si Mamat. Dan akhirnya si Mamat pun berhasil mendarat di mobil pick up tersebut. “Haha ... akhirnya bisa juga lu Mat”. “Hehe ... akhirnya gue bisa juga BM”.

Si Mamat sukses melaksanakan BM pertamanya. Hanya sayangnya, karena terlalu konsentrasi untuk naik mobil pick up tersebut. Si Mamat tidak sadar kalau jarak yang dia tempuh sambil mengejar mobil pick up tadi cukup jauh. Beberapa detik setelah dia mendarat di mobil tersebut. Mobil itu langsung berbelok ke arah kiri, karena di situ terdapat sebuah rumah dengan halaman yang cukup luas. Mobil itu berhenti di halaman rumah tersebut dan mesin dimatikan. “Udah sampe ya tong”. Kata si Sopir.

Muka si Mamat yang tadinya sumringah langsung berubah merah padam karena merasa malu dengan temannya. Bayangkan, dihari pertama BM nya dia hanya berlari mengejar mobil pick up dan naik mobil beberapa detik. “Mat ... mat ... kasian banget lu, pas ikut BM Cuma sebentar doang”. Si Mamat pun jadi bahan ejekan teman – temannya. “Uhh... tadi mah gue kaga ikut tuh BM, Cuma malu – maluin gue aje”. Mereka pun melanjutkan perjalanan pulang berjalan kaki sambil terus mentertawakan si Mamat.


Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun