Mohon tunggu...
abdul afit
abdul afit Mohon Tunggu... Freelancer - Tutor geografi

Bumi dan bola, sama-sama bundar!

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Fase Grup Piala Dunia 2022: Peringkat FIFA Australia Naik Paling Pesat, Indonesia Naik Satu Peringkat Tanpa Keluar Keringat

3 Desember 2022   06:51 Diperbarui: 3 Desember 2022   15:43 1174
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mathew Leckie meluapkan emosinya setelah membawa Socceroos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 (foto: FIFA) 

Peserta piala Dunia 2022 telah menyelesaikan pertandingan babak grup. Turnamen puncak yang masuk kalender resmi FIFA ini berpengaruh pada peringkat FIFA ke 32 negara peserta. FIFA memberikan koefisien poin perhitungan sangat besar untuk Piala Dunia.

Di babak grup sampai babak perdelapan final (16 besar) setiap pertandingan memiliki koefisien 50. Kemudian dari perempatfinal hingga final, termasuk perebutan tempat ketiga dan keempat, FIFA memberikan koefisien 60. Sangat jauh jika dibandingkan pertandingan persahabatan (uji coba).

Pertandingan persahabatan hanya memiliki koefisien 5 jika digelar di luar kalender FIFA sedangkan dalam kalender FIFA (FIFA matchday) koefisien bernilai 10.

Jadi, setiap hasil imbang, kemenangan ataupun kekalahan akan berdampak pada penambahan dan pengurangan poin yang sangat besar sehingga akan berpengaruh pada ranking negara yang bersangkutan. 

Dikutip dari football-ranking.com, situs yang memperbaharui peringkat FIFA secara harian, setelah babak grup Piala Dunia 2022, Australia mendapatkan kenaikan peringkat paling tinggi. Australia naik 11 peringkat ke posisi 27 dengan 1.534,10 poin dari sebelumnya diposisi 38 pada rilis bulan Oktober. Australia total mendapatkan tambahan 45,38 poin hasil dari kemenangan atas Tunisia dan Denmark serta kekalahan dari Perancis. 

Selain Australia, Maroko juga mengalami penambahan poin dan peringkat paling besar.  Maroko yang berhasil menahan Kroasia dengan skor 0-0, mengalahkan Belgia 2-0 dan Kanada 2-1 serta tambahan poin dari pertandingan persahabatan total mengumpulkan 59,37 poin. Tambahan poin sebanyak itu mengerek peringkat FIFA Maroko hingga 7 peringkat dengan 1.622,68 poin ke posisi 15. 

Tangkapan layar peringkat FIFA Australia naik 11 peringkat setelah fase grup Piala Dunia 2022 
Tangkapan layar peringkat FIFA Australia naik 11 peringkat setelah fase grup Piala Dunia 2022 

Tuan rumah Qatar yang tidak berdaya dihadapan lawan-lawannya di Piala Dunia, mengalami pengurangan poin dan penurunan peringkat paling dalam. Qatar turun 10 peringkat ke posisi 60 dan berkurang sebanyak 47,18 poin menjadi 1.392,71 poin.

Tangkapan layar Brazil masih menempati peringkat 1 FIFA
Tangkapan layar Brazil masih menempati peringkat 1 FIFA

Denmark yang tampil diluar ekspektasi mengalami pengurangan 58,34 poin hasil dari dua kekalahan dan satu imbang. Ranking Denmark turun ke posisi 18. Sementara itu peringkat 1 masih ditempati Brazil. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun