Mohon tunggu...
Abdillah Hasan W
Abdillah Hasan W Mohon Tunggu... Someone who want to be better person

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 20107030132

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Gunungkidul, "Bali"-nya Jogja

17 April 2021   20:10 Diperbarui: 17 April 2021   20:16 127 7 2 Mohon Tunggu...

Taukah kamu tentang the hidden paradise of Jogja? Ungkapan ini sangatlah cocok dengan kondisi alam di Gunungkidul. Ya, Gunungkidul merupakan kabupaten yang terletak di sebelah timur Kota Yogya dan berbatasan langsung dengan Jawa Tengah.

Gunungkidul juga biasa disebut dengan sebutan Jogja Lantai Dua mengingat posisinya yang cukup membutuhkan tenaga ekstra untuk untuk mendaki jalanan untuk mencapai pusat kotanya yaitu Wonosari.

Selama perjalanan dari Kota Yogya menuju ke Gunungkidul, kalian akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah. Kawasan Gunungkidul yang masih asri menambah baik mood kita. Waktu yang cocok untuk melakukan perjalanan ke Gunungkidul adalah pagi hari atau jika kalian ingin menikmati keindahan kerlap-kerlip lampu Kota Yogya, kalian bisa singgah dahulu di Bukit Bintang saat malam hari.

Di Gunungkidul banyak sekali objek-objek wisata alam yang relatif masih baru. Mulai dari gunung api purba, persawahan, sungai bawah tanah, hutan wisata, telaga, dan tentunya keindahan laut yang masih bersih dan alami.

Banyak wisatawan yang berdatangan dari luar daerah seiring dengan maraknya pembangunan di kawasan wisata di Gunungkidul. Hati-hati jika kalian berwisata pantai pada waktu weekend, karena perjalanannya akan sangat lama karena kondisi jalan yang macet.

Meskipun Gunungkidul terkenal dengan daerah yang kekurangan air, tetapi Tuhan Yang Mahaadil memberi kelebihan Gunungkidul pada keindahan alamnya. Pantai-pantai selatan di Gunungkidul tak kalah cantik dengan yang ada di Bali, loh....

Jalan menuju pantai jika ditempuh dari pusat kota wonosari akan menghabiskan waktu sekitar setengah jam, kondisi jalannya lumayan mulus, meskipun sempit. Tiket masuknya pun lumayan murah, hanya Rp5.000/orang kita bisa menikmati berbagai pantai di Gunungkidul.

Kali ini saya dan teman saya akan mengajak kalian mengunjungi beberapa pantai di Gunungkidul sekaligus menghitung biaya yang dikeluarkan (versi miskin). Yuk ... let's go!!

Perjalanan dari rumah pukul satu, menggunakan kuda besi tanpa bulu, jangan lupa isi bensin dulu Rp20.000.

Setelah kasih minum si kuda besi, kami langsung tancap gas menjelajah jalanan di tengah panasnya terik sinar matahari. Jalanan yang termasuk ekstrem tak terasa karena canda tawa teman saya mengalihkan segala perhatian saya.

Sampailah kami di Tempat Pemungutan Retribusi. Tiket masuk kawasan pantainya seharga Rp10.000 untuk dua orang dan juga sudah termasuk asuransi keselamatan. Setelah membayar, kami menuju tempat tujuan pertama kami yaitu Pantai Pulang Sawal. Di sini, ternyata kami masih dimintai uang parkir Rp3.000.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN