Mohon tunggu...
Abanggeutanyo
Abanggeutanyo Mohon Tunggu... “Besar, ternyata ada yang lebih besar, sangat besar, terbesar, super besar, mega besar dan maha besar.”

Nama : FM Al-Rasyid ---------------------------------------------------------------- Mengamati dan Diamati

Selanjutnya

Tutup

Keamanan Pilihan

Kemenhan Pesan Lagi Kapal Tua Class Maestrale, OMG!

11 Juni 2021   17:30 Diperbarui: 14 Juni 2021   10:48 1129 8 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kemenhan Pesan Lagi Kapal Tua Class Maestrale, OMG!
Firgate Maestrale 570 juga class Maestrale. gambar : helis.com

Mempunyai tambahan 8 Kapal Perang (KRI) kelas Frigat tentu sangat membanggakan, selain tampak makin serius mewujudkan Rencana Strategis (Renstra-3) MEF juga membuat TNI makin kuat dan intensif menjaga terorital dari Sabang sampai Mauroke atau dari Miangas sampai Tidore.

Kabar baik terkini dari Kompas.com, Kementerian Pertahanan (Kemnhan) RI memesan 8 kapal perang frigat (mungkin) membuktikan pemerintah (Kemenhan) benar-benar serius mewujudkan rencana strategisnya di balik tudingan program ambisius bahkan berbau koruptif di tengah pandemi dan ekonomi sedang pincang.

Di sisi lain modernisasi alutsista Pertahanan TNI juga telah lama dinantikan. Setiap timbul kejadian malapetaka menimpa anggota TNI selalu yang jadi "kambing hitam" adalah alutsista atau peralatan tua jika tak pantas disebut "bangkotan."

Sasaran kritikan juga mengarah pada anggota DPR RI dinilai kurang perduli dengan modernisasi peralatan tempur TNI. 

Pada akhirnya semua kritikan bermuara pada pemerintah dianggap mementingkan proyek yang lebih bersakala prioritas tinggi pada masyarakat ketimbang membeli alat perang ditengah kondisi TIDAK ADA potensi perang terbuka dengan tetangga manapun.

Pemesanan 6 unit Frigat baru kelas FREMM patut diacungi jempol, tapi pemesanan 2 unit frigat kelas Maestrale tampaknya kurang bijaksana jika tak pantas disebut tidak peka, meskipun dengan alasan efisiensi.

Perlu diketahui AL Italia sampai saat ini memiliki tak kurang 181 kapal dalam berbagai tipe dan jenis. Satu diantara tipe itu frigat kelas Maestrale.

Firgat yang masih aktif saat ini ada 4 unit dari 8 kelas Maestrale yang sudah "melaut" lagi sejak 1981-1982. Jadi ada 4 unit sudah pensiun. 

Ke empat yang sudah "pensiun" (decommissioned) adalah Maestrale F 570, pensiun pada 15 Desember 2015 karena faktor usia :34 tahun. Selain itu yang sudah pensiun adalah Aliseo (F 574), Aliseo Torpedo Boat dan Alpine F 580. sumber : Ini

Kapal Frigat anti kapal selam bernomor lambung F 570 ini adalah kapal frigat pertama kelas Maestrale yang dibuat pada 8 Maret 1978 di galangan kapal Riva Trigoso, Genoa Italia, sebuah galangan kapal terhebat di Eropa pada jaman Perdana Menteri Giulio Andreotti berkuasa (1976 - 1979).

Ke empat kelas Maestrale yang masih aktif adalah Grecale nomor lambung F 571, Libeccio (F 572), Espero (F 576) dan Zefiro (F 577). 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN