Mohon tunggu...
Abanggeutanyo
Abanggeutanyo Mohon Tunggu... “Besar, ternyata ada yang lebih besar, sangat besar, terbesar, super besar, mega besar dan maha besar.”

Nama : FM Al-Rasyid ---------------------------------------------------------------- Mengamati dan Diamati

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Bersiap Pindah ke Buckingham Palace, Charles Penerus Takhta

13 April 2021   00:03 Diperbarui: 13 April 2021   06:24 336 11 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bersiap Pindah ke Buckingham Palace, Charles Penerus Takhta
Queen Elizabeth II at the State Opening of Parliament. Photo : AFP via The Local.fr

Melihat hubungan emosional dan ketergantungan Ratu Elizabeth II pada suaminya Philip Mountbatten sangat erat tampaknya bisa ditebak akan terasa sangat sulit Ratu Elizabeth menjalani hari-hari "sunyi" tanpa suami tercinta pada usianya yang sudah sepuh.

Tak perlu lagi ditulis bukti-bukti kesatuan cinta  mereka seperti apa di sini. Sekadar menyimpulkan secara simpel Pangeran Philip (meninggal 9 April 2021) telah mencurahkan 7 dekade hidupnya demi kekuasaan Ratu Elizabeth II dan untuk itu Ratu Elizabeth II telah mengakuinya dalam berbagai pernyataan.

Tanpa bermaksud menduhului ketentuan sang Maha Pencipta tentang usia manusia termasuk usia Ratu Elizabeth II pertanyaannya adalah apa yang bakal terjadi jika pemilik gelar "Her Majesty The Queen" atau Yang Mulia Ratu (sejak 1952) mengikuti kepergian suami tercinta tak lama kemudian?

Jawabannya adalah posisi Ratu akan digantikan atau diteruskan oleh penggantinya.

Berbicara tentang penerus tahta saat ini bukan momen yang tepat karena keluarga kerajaan sedang berduka tapi sekadar persiapan, berdasarkan ketentuan baru Kerajaan Inggris yang diubah oleh Ratu Elizabeth II pada 2013 lalu memberikan kesempatan pada anak perempuan jika anak perempuan itu berada pada posisi pertama penerus tahta meskipun dia punya adik lelaki di bawahnya.

Namun oleh karena anak pertama mereka (Philip dan Elizabeth II) adalah laki-laki maka penerus tahta kerajaan adalah Charles "The Prince of Wales" mengganti ibundanya.

Jika itu terjadi secara otomatis Camilla Parker Rosemary yang kini bergelar The Duchess of Comwall bakal menjadi Permaisuri. Isteri ke dua Charles yang telah punya dua anak dari suami pertama (Andrew Parker Bowles) bisa menjadi Ratu  untuk segenap daulat Britania Raya.

Meskipun berbeda posisi, kisah ibu Suri (Elizabeth) yang menikah dengan Raja George VI (Albert) menjadi ratu bisa terulang kembali pada Camilla. Elizabeth juga berasal dari kalangan wanita bangsawan, bukan dari kalangan kerajaan, dia jadi Permaisuri setelah  Albert menjadi Raja. 

Setelah George VI (Albert) meninggal dunia pada 6 Februari 1952 langsung saja terjadi suksesi penerus tahta yang disematkan kepada anak perempuan pertama mereka (ketika itu) Putri mahkota Elizabeth II dan Pangeran Philip.

Tetapi berapa lamakah lagi Charles dan Camilla harus menunggu lengser keprabon-nya Ratu Elizabeth II yang kini berusia 94 tahun?

Kini usia Charles 73 tahun, sedangkan Camilla setahun lebih tua darinya yakni 74 tahun. Sebuah kelompok usia "Setengah Baya" menurut klasifikasi usia WHO terkini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN