Mohon tunggu...
Aura
Aura Mohon Tunggu... Pekerja lepas

Menulis supaya tidak bingung.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

3 Ide Konten Kreatif untuk Mewarnai Akun Kompasianamu

18 Juni 2021   20:55 Diperbarui: 30 Juni 2021   22:32 107 10 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
3 Ide Konten Kreatif untuk Mewarnai Akun Kompasianamu
Gambar diperoleh dari wallpaperbetter.com

Pandemi masih berlanjut, malah kasus terpapar covid varian delta meningkat. Adanya covid varian delta ini membuat rumah dan hobi domestik masih akan terus jadi pelarian masyarakat yang tidak punya opsi selain pergi kerja, beraktivitas di luar rumah, atau traveling.

Orang-orang dengan hobi menulis mungkin punya lebih banyak momen reflektif untuk dijadikan bahan tulisan, bertukar gagasan tentang suatu peristiwa atau ide. Mungkin pula justru momen menyebarnya covid varian delta ini merupakan titik jenuh para penulis di media digital. Saking seringnya menuliskan, sampai mengalami writer's block.

Berikut saya bagikan 3 ide konten kreatif untuk akun Kompasianamu, supaya lebih berwarna dan tidak membosankan.

  • Ngobrol di Instagram Live

Pilih satu teman yang mumpuni dalam salah satu bidang atau hobi, pilih satu topik yang relevan, kemudian obrolkan melalui Instagram Live. Tujuannya agar para pengikut di Instagram dan Kompasiana mendapatkan informasi dan edukasi tentang suatu topik.

Jika kamu punya teman yang hobi memelihara tanaman atau ikan cupang, misalnya, mungkin temanya bisa seputar tips dan trik. Jika kamu punya teman yang sedang merintis bisnis, seorang profesional seperti dokter atau seniman, mungkin temanya bisa lebih membicarakan isu-isu terkini dari sudut pandang profesional.

Tema-tema tips, trik, tutorial bisa kamu masukkan ke dalam kategori Life Hack yang baru saja di-launching Kompasiana.

[Baca juga: Mengenal "Halo Lokal" dan "Life Hack", 2 Kategori Baru Kompasiana]


Kompasiana menyediakan fitur "embed instagram" dalam artikel. Jadi, penampilan live Instagram akan cukup estetik di artikelmu -- tidak hanya berupa tautan link belaka. Selain untuk menambah varian artikel di Kompasiana, cara ini juga efektif untuk menambah jumlah pengikut Instagram. Jangan lupa sertakan tags yang sedang tren ya. Silakan gunakan Google Trends untuk mengeceknya.

  • Merespon Karya atau Alih Wahana

Temukan satu karya menarik, kemudian respon karya tersebut menggunakan karyamu. Boleh jadi kedua karya itu berlainan bentuknya. Misalnya, puisi menjadi musik, lukisan menjadi puisi, lagu menjadi cerita pendek, atau apapun!

Jika menggunakan istilah alih wahana, berarti kamu melakukan penerjemahan, penyaduran, dan/atau pemindahan dari satu jenis kesenian ke jenis kesenian lain. Selain memperkaya wawasan tema dan bentuk karya, cara ini juga bisa mempererat tali silaturahmi dengan penulis lain di Kompasiana.

Pada akhir tahun 2016, saya pernah mencobanya merespon beberapa karya kolega dan keluarga. Proyek tersebut bisa dilihat di blog pribadi saya.

  • Menulis Keterangan Foto

Pilih satu karya fotografi, tuliskan pemaknaan Anda mengenainya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN