Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Fitur Artikel Utama

Mengenal "Halo Lokal" dan "Life Hack", 2 Kategori Baru Kompasiana

17 Juni 2021   00:43 Diperbarui: 18 Juni 2021   12:41 405 37 11 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal "Halo Lokal" dan "Life Hack", 2 Kategori Baru Kompasiana
Halo Lokal dan Life Hack. Olah gambar dari TOM FISK & ONO KOSUKI | Pexels

Per tanggal 17 Juni 2021, Kompasiana resmi meluncurkan dua kategori baru yakni Halo Lokal dan Life Hack. Kompasianer sudah dapat membuat konten pada dua kategori ini melalui halaman dashboard masing-masing pengguna.

Lalu apakah sesungguhnya kategori Halo Lokal dan Life Hack? Mengapa Kompasiana membuat 2 kategori tersebut? Konten seperti apa yang dapat masuk ke dalam keduanya? Simak penjelasan berikut:

1. Halo Lokal

Kategori ini merupakan wadah bagi konten-konten kedaerahan/regional. Sementara terdapat 6 daerah yang dipilih menjadi subkategori. Di antaranya Bandung, Joglosemar, Makassar, Palembang, Surabaya, dan Medan. 

Keenam regional ini merupakan daerah dengan tingkat produktivitas konten dan keterbacaan paling tinggi di antara regional lain di Indonesia --selain dari Jabodetabek.

Kami berharap kehadiran "Halo Lokal" dapat membantu para pembaca menikmati konten lokal berdasarkan wilayah domisili Anda (proximity) sekaligus sebagai panggung nasional bagi konten lokal. Subkategori tersebut secara berkala akan dievaluasi. Penambahan, pengurangan, atau substitusi regional dimungkinkan terjadi di masa mendatang.

Untuk bisa masuk dalam kategori ini, konten Anda harus berisi informasi tentang salah satu daerah di atas. Meski demikian ada pengecualian jenis konten yang tidak bisa masuk ke "Halo Lokal". Antara lain; Wisata (subkategori Travel dan Kuliner), Politik (Pemerintahan, Birokrasi, Keamanan, dan Hukum), Kotak Suara (Analisis dan Kandidat), dan Video.

2. Life Hack

Seiring dengan pertumbuhan jumlah konten tutorial atau tips di Kompasiana, dibutuhkan sebuah rumah untuk menampungnya. Oleh karena itu kategori "Life Hack" akan menjadi rumah bagi kumpulan tips dan tutorial untuk ragam kebutuhan Anda.

Selama konten Anda berisi panduan, kiat, tahapan (step by step), dan ragam cara melakukan sesuatu, maka konten tersebut dapat menggunakan kategori ini. 

Sesuai namanya, kategori "Life Hack" diharapkan dapat menjadi medium Kompasianer berbagi keterampilan sekaligus memudahkan aktivitas kita sehari-hari.

Demikian informasi mengenai 2 kategori terbaru di Kompasiana. Semoga "Halo Lokal" dan "Life Hack" dapat menambah kenyamanan Anda berkompasiana.

VIDEO PILIHAN