Mohon tunggu...
Bernardus Restu
Bernardus Restu Mohon Tunggu... -

seorang yang miskin ilmu menyebrang ke tanah lain untuk menambah pengalaman dan pengetahuan

Selanjutnya

Tutup

Nature

Teh Daun Sirsak, Teh Unik, Sehat, dan Kaya Manfaat

16 September 2018   15:26 Diperbarui: 16 September 2018   15:58 3053
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Negara Indonesia adalah salah satu Negara yang memiliki tanah yang subur. Hal tersebut yang membuat  Indonesia memiliki hampir semua kekayaan alam. Namun dari semua kekayaan alam yang  tidak menyadari dan memahami kegunaannya. 

Di Indonesia hampir semua jenis tanaman dapat tumbuh subur, hanya tinggal bagaimana masyarakat dapat mengolahnya menjadi sesuatu yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

 Jika masyarakat dapat mengolah tanaman menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan, maka hal tersebut dapat menjadi suatu bidang usaha baru yang dapat membantu perekonomian masyarakat dan dapat menjadi suatu lapangan pekerjaan bagi pengangguran.    

Seperti yang kita ketahui , teh bukanlah hal yang asing bagi kita. Teh merupakan salah satu jenis tanaman yang subur di tanah air Indonesia, terutama perkebunan yang berada di daerah-daerah beriklim dingin. 

Pada umumnya, masyarakat Indonesia terbiasa minum teh dalam kehidupan sehari-hari. Teh mengandung zat sejenis antioksidan yang bernama katekin dan menurut beberapa survei teh juga merupakan salah satu yang mendatangkan keuntungan besar bagi negara, salah satu usaha yang mendatangkan keuntungan dari pengesporan berbagai jenis teh ke luar negeri yang akhirnya menjadi sumber pendapatan Negara .

Dengan bergulirnya waktu, saat ini muncul inovasi yang unik yaitu pembuatan teh bukan dari daun teh melainkan dari daun sirsak yang biasanya hanya di manfaatkan buahnya saja, tanaman yang sering dijumpai di sekitar kita.

 Banyak manfaat dari daun sisak contohnya untuk darah tinggi, pencegah kanker, anti bakteri, mengatasi tumor dan anti kolesterol nama latin dari daun sirsak adalah Annoa Muricanna. Daun sirsak sering di olah hanya di rebus saja namun seiringnya waktu munculnya inovasi pembuatan teh dengan teknik mengeringkan daun sirsak,

dengan keunggulan lebih lama dan kahsiatannya tidak hilang tetap sama. Tetapi pemanfaatan daun sirsak sebagai teh belum diminati masyrakat, karena masyarakat belum mengetahui kandungan zat yang terkandung dalam teh dan bagaimana cara  pemanfaatan daun sirsak sebagai teh dengan tujuan menambah wawasan kita semua  

*Pemanfaatan Daun Sirsak menjadi Teh

Manfaat daun sirsak yang terpenting memberikan efek anti tumor / kanker yang sangat kuat, dan terbukti secara medis menyembuhkan segala jenis kanker. Selain bermanfaat menyembuhkan kanker, buah sirsak juga bermanfaat sebagai anti bakteri, anti jamur (fungi), efektif melawan berbagai jenis parasit / cacing, menurunkan tekanan darah tinggi, depresi, stress, dan menormalkan kembali sistem syaraf yang kurang baik.

*Cara pembuatan teh daun sirsak

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun