Mohon tunggu...
IIN EUFRASIA
IIN EUFRASIA Mohon Tunggu... Mahasiswa - penulis

Yuk Budayakan Membaca dan Menulis

Selanjutnya

Tutup

Trip

Keindahan Pulau Flores

17 September 2018   19:47 Diperbarui: 18 September 2018   10:37 190
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tahukan anda? Indonesia mempunyai segudang kekayaan alam dan panorama yang unik dan indah yang membuat wisatawan dari segala penjuru dunia yang ingat dan menikmati keindahannya. Dan salah satu keindahan alam yang ada di Indonesia adalah pulau Flores.

Pulau Flores siapa yang tidak tahu dengan keindahan alamnya yang membuat siapa saja betah akan keindahan alamnya. Tempat -tempat yang unik dan indah di Pulau Flores adalah pulau Komodo siapa yang tidak tau dengan binatang reptil satu  ini binatang yang dilindungi oleh undang-undang karena akan terancam punah.

Karena binatang ini salah satu dari binatang purba binatang ini banyak menarik para wanita yang berbondong-bondong dari berbagi tempat bahkan segala penjuru dunia yang datang ketempat ini untuk melihat secara langsung dan melihat tingkah laku binatang reptil ini. 

Tak hanya pulau komodo saja yang menjadi tujuan banyaknya wisatawan dari daerah dan penjuru dunia flores juga mempunyai tempat yang tidak kalah indahnya dengan pulau Flores karena keindahannya juga mampu memikat para wisatawan untuk datang dan menikmati keindahannya tempat ini adalah danau tiga warna biasa akrab di sebut  dengan nama danau "Kelimutu", danau tersebut mempunyai tiga warna yang berbeda yaitu merah, biru, dan putih.

Di danau Kelimutu ini juga mempunyai beberapa keunikan seperti tebing yang curam dan banyak monyet yang dipercayai masyarakat setempat adalah penjaga tebing tersebut, dan danau Kelimutu juga memiliki tugu pelepas lelah bagi para wisatawan yang lelah dalam mendaki untuk melihat keindahan danau  Kelimutu.

Warna dari danau Kelimutu dapat berubah-ubah warnanya pada saat tahun tahun tertentu. Tak hanya pulau Komodo dan danau Kelimutu saja yang menjadikan pulau Flores ini banyak didatangi para wisatawan masih banyak tempat-tempat  lainnya salah satunya adalah pantai pasir putih yang terletak  di kabupaten Nagekeo.

Pantai pasir putih ini sangat indah karena  airnya yang jernih dan pasirnya yang putih membuat pantai ini kelihatan indah dan menarik hanya saja banyak wisatawan  yang belum tahu dengan tempat ini sehingga para wisatawan asing sangat jarang hanya masyarakat setempat saja yang menikmati  keindahan pantai pasir putih ini.

Di sekitar pantai pasirputih terdapat goa jepang atau goa peninggalan Jepang di mana dulu  Jepang pernah menjajah Indonesia dan salah satunya adalah pulau Flores dan goa ini adalah salah satu peninggalan Jepang di mana goa ini merupakan tempat pergerakan tetara Jepang pada saat itu.

Tak hanya itu saja keunikan yang dimiliki pulau Flores yaitu sawah yang berbentuk jaring laba-laba yang biasa disebut lodok oleh masyarakat setempat.

Sawah yang unik ini yang menyerupai jaring laba-laba masyarakat setempat mempercayai bahwa pembagian tersebut  pembagian dari leluhur mereka. Pembagian lahan sawah tersebut  harus di lakukan melalui ritual adat dan di bagi oleh ketua  adat kepada masyarakat.

Untuk melihat keindahan sawah yang berbentuk  jaring  wisatawan harus mendaki bukit woel  untuk dapat melihat keindahan  sawah yang berbentuk  jaring laba-laba yang berbeda  di pulau Flores ini. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun