Mohon tunggu...
Ezra Wicaksono
Ezra Wicaksono Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Energi Terbarukan Tanaman Aren

28 September 2017   15:14 Diperbarui: 28 September 2017   15:32 502
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Tanaman aren bukan hanya dimanfaatkan sebagai bahan pembuat gula merah tapi lebih dari itu semua bagian pohon aren sangat berguna bagi masyarakat. Kegunaan dari pohon aren yang sering kita tau yaitu, sapu ijuk, atap rumah, ataupun buah kolang-kaling yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan es buah.

Potensi dari pohon aren ini sangat dimanfaatkan oleh sebagaian petani pohon aren sebagai mata pencaharian yang menguntungkan. Menurut para petani, 3-4 pohon aren dapat menghasilkan gula sebesar Rp 30.000 s/d Rp 40.000 per harinya. Bahkan jika para petani memiliki lahan 1 hektar yaitu, 75-100 pohon maka penghasilan yang didapat sampai 30 liter nira per bulannya. Maka bisa diakumulasikan para petani dapat menghasilkan uang sebesar 30 juta perbulan hanya dengan menjual niranya saja.

Peluang yang sangat besar ini dapat menjadikan daerah sebagai argo industri. Jika lebih banyak lagi lahan yang di tanami oleh pohon aren maka banyak juga penghasilan yang didapatkan sampai dengan 360 juta per tahunnya. Bukan hanya sebagai bahan pembuatan gula, pohon aren juga bisa digunakan sebagai bio etanol dan bahan bakar nabati. Semoga banyak daerah yang akan membudidayakan pohon aren ini karena sangat besar manfaatnya dan sangat membantu perekonomian daerah tersebut.  

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun