Mohon tunggu...
Ire Rosana Ullail
Ire Rosana Ullail Mohon Tunggu... Administrasi - irero

Content Writer | Sosial Budaya | Travel | Humaniora | Lifestyle | Bisnis | Sastra | Book Sniffer | Bibliophile | Bibliomania | Tsundoku | email : irerosana@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Sepeda-sepeda Ghoib 2020

12 Agustus 2020   07:26 Diperbarui: 12 Agustus 2020   18:38 530
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber : Dok Pribadi/ Ire rosana Ullail

Demam sepeda rupanya belum kelar. Harga sepeda masih tinggi seiring dengan semakin bertambahnya jumlah peminat. Toko-toko sepeda baik yang online maupun offline masih dipadati pengunjung. Sepertinya demam ini akan sedikit lebih lama. Jadi bagi kalian yang sedikit terganggu dengan keberadaan para pemakai sepeda di jalan, mohon sedikit bersabar, yak!

Di masa-masa ini sepeda-sepeda yang biasanya tersimpan di gudang kembali dikeluarkan, entah untuk dipakai kembali atau aji mumpung untuk dijual kembali. Jumlah peminat yang berbanding terbalik dengan jumlah stock membuat sepeda lawas juga ikut jual mahal. 

Setidaknya sepeda-sepeda murah dan reyot yang jika hari biasa bisa laku 200 -- 300 ribu saja sudah bisa dibilang untung, kini bisa dijual dengan harga 600 hingga 750 ribu. Sementara sepeda-sepeda bekas dengan harga pertengahan dijual kembali dengan harga baru (harga sebelum pandemi).

Di masa ini, kabar tentang sepeda Ghoib muncul di mana-mana. Istilah sepeda Ghoib muncul ketika jumlah permintaan tinggi sementara jumlah pasokan terbatas, akibatnya beberapa tipe tertentu menjadi sangat langka atau kalaupun ada harganya bisa dipastikan sangat tinggi.

Contohlah Element Troy. Salah satu tipe element ini memiliki jumlah peminat yang fantastis. Dulu sebelum demam sepeda melanda masyarakat, harga normal Element Troy berkisar antara 4 -- 5 jutaan. Sementara versi Chrome berkisar antara 5,6 -- 6 juta. Harga Troy mulai melambung seiring dengan diberlakukannya PSBB. Dan bisa dibilang, semenjak itulah sepeda jenis ini mulai hilang dari pasaran.

Menindaklanjuti jumlah permintaan Troy yang cukup tinggi, pihak pabrik berupaya meningkatkan jumlah kapasitas produksi hingga 200% pada bulan Juli lalu. Hal tersebut diumumkan secara resmi oleh Element Bike melalui akun official Instagram @elementbikeid.

Salah satu metode penjualan yang digunakan Element adalah melalui flash sale di salah satu marketplace. Mekanismenya, mereka terlebih dulu akan mengumumkan jam, hari dimulainya flash sale dan jumlah unit yang tersedia melalui akun resmi @elementbikeid.

Flash sale pertama sudah dilakukan pada 3 Agustus 2020 jam 10 pagi lalu. Sebanyak 200 unit Element Troy dengan harga 5,6 juta terjual dalam waktu 40 detik saja. Seriusan, empat puluh detik saja. Bahkan penjualan tersebut masuk ke dalam rekor Muri atas penjualan sepeda lipat terbanyak dalam waktu 1 menit.

Tentunya para peminat yang tidak kebagian sangat merasa kecewa. Berbagai umpatan dan kekecewaan dituliskan di kolom komentar lapak. Saya sendiri merasa kecewa karena sudah melakukan persiapan untuk berebut di flash sale sedari hari sebelumnya. Miris memang, sepeda dengan harga 5,6 juta habis hanya dalam hitungan detik.

Untuk saat ini kita memang bisa menemukan Element Troy di berbagai marketplace maupun sosial media namun jangan ditanya soal harga karena sudah mencapai 8 jutaan hingga 12 jutaan. Tentu saja harga tersebut sangat jauh dari harga yang ditawarkan pabrik yaitu 5,6 juta.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun