Mohon tunggu...
OKTAVIANO PRADITIYA PURWANTO
OKTAVIANO PRADITIYA PURWANTO Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang

Hobby Fotografi dan Menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Optimalisasi Critical Spatial Thinking Skill Melalui Implementasi Media En-Log

14 Agustus 2023   11:45 Diperbarui: 14 Agustus 2023   11:47 115
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi Pribadi (Kegiatan Pengimplementasian Media  En-Log dalam Kelas)

Selong, 13 Juli 2023 - Pendidikan di era modern saat ini semakin kreatif dan dinamis dengan penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran. Media En-Log merupakan perpaduan yang menarik antara konten lingkungan dan teknologi visual dalam bentuk vlog.  Oleh karena itu, Dr. Tuti Mutia, M.Pd bersama dengan tim dari dosen dan melibatkan mahasiswa, menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis tekhnologi. Media tersebut diberi nama EN-LOG (Environmental Vlog On Geography). Media di implementasikan  pada tanggal 13 Juli 2023 di SMA 1 Selong, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat pada materi pengelolaan sumberdaya alam dikelas XI. Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Selong yaitu Dr. Sri Wahyuni, M.Pd dan Guru Geografi menyambut dengan baik kegiatan penelitian yang dilakukan di SMA 1 Selong.

Berkembangnya revolusi industri sangat mendukung penggunaan media pembelajaran digital. Hal ini dapat mengeliminasi waktu dan jarak serta keadaan fisik dengan bantuan platform digital. Kondisi ini menuntut guru untuk dapat memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran. Tujuan yang paling penting penggunaan media adalah meningkatkan motivasi belajar. Beragam bentuk, animasi, dan variasi platform sekiranya baik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Salah satunya Video blogging Vlog menjadi tren baru media pembelajaran yang terintegrasi dengan teknologi. Vlog dapat meningkatkan pemahaman siswa melalui rekonstruksi konsep berbasis audio-visual.

Selanjutnya pada era digital saat ini menjadikan tatanan hidup masyarakat berubah termasuk diantaranya adalah pada bidang pendidikan. Teknologi informasi dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran dengan tujuan agar dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran. Hal ini sangat dirasakan terlebih semenjak era new normal. Di lain sisi, perkembangan teknologi digital yang pesat masih memunculkan berbagai permasalahan di lingkungan.

Hal ini tentu harus diselesaikan dan memerlukan solusi. Salah satu solusinya yakni pada bidang pembelajaran. Geografi sebagai objek kajian memiliki kemampuan dalam mengaitkan fenomena dengan manusia dan lingkungan di permukaan bumi. Untuk itu diperlukan siswa yang terampil berpikir kritis pada sudut pandang keruangan. Tujuan pembelajaran geografi ini tentu dapat dilakukan melalui berbagai upaya untuk dapat meningkatkan motivasi belajar sehingga mencapai hasil belajar salah satunya menggunakan media En-LOG (Environment Vlog on Geography). Media pembelajaran digital dikembangkan dalam bentuk Environmental Vlog on Geography yang disingkat En-LOG. Environment vlog dalam sebuah media pembelajaran digital memiliki kelebihan yakni mudah diakses, menggambarkan kondisi real terkait kondisi lingkungan, sehingga memudahkan siswa memahami materi dan meningkatkan spatial critical thinking.

Dokumentasi Pribadi (Kegiatan Pengimplementasian Media  En-Log dalam Kelas
Dokumentasi Pribadi (Kegiatan Pengimplementasian Media  En-Log dalam Kelas

Sesuai dengan hasil implementasi menunjukkan motivasi belajar siswa kjelas XI SMA 1 Selong terlihat dari semangat yang tinggi, antusias dalam kegiatan diskusi dan mengungkapkan pertanyaan serta komentar ketika proses diskusi berlangsung. Hasil evaluasi yang dilakukan setelah pembelajaran menunjukkan nilai tinggi spatial critical thinking siswa.

Dokumentasi Pribadi (Kegiatan Pengimplementasian Media  En-Log dalam Kelas)
Dokumentasi Pribadi (Kegiatan Pengimplementasian Media  En-Log dalam Kelas)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun