Mohon tunggu...
Dua Cerpen
Dua Cerpen Mohon Tunggu...

2cerpen merupakan komunitas yang mempunyai tujuan membangkitkan minat baca masyarakat. Kami menyediakan cerpen dan berita berkualitas yang bisa dinikmati siapapun yang terdiri dari cerita lucu, cerita rakyat, dongeng, sejarah dan bacaan lain yang terus diupdate.

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Legenda Taj Mahal

2 November 2016   08:48 Diperbarui: 2 November 2016   08:56 0 0 0 Mohon Tunggu...
Legenda Taj Mahal
www.2cerpen.com

Taj Mahal merupakan sebuah monumen besar India yang menarik perhatian orang-orang di seluruh dunia setiap tahunnya. Terletak di tepi sungai Yamuna di Agra, Uttar Pradesh, India. Monumen ini merupakan karya indah dari arsitektur Mughal di India. Berlokasi setidaknya 2.5 kilometer dari benteng Agra, dan dibangun atas perintah raja Mughal, Shah Jahan untuk mengenang istrinya yang terhormat dan tercinta, Arjumand Banu (yang kemudian dikenal sebagai Mumtaz Mahal). Ia merupakan seorang wanita cantik yang sangat dicintai oleh sang raja. Setelah kematiannya, sang raja memerintahkan para pengrajinnya untuk membangun sebuah kuburan besar untuk mengenangnya. Bangunan ini merupakan salah satu bangungan terbesar dan paling menarik di dunia yang telah disebutkan sebagai salah satu keajaiban dunia.

Monumen ini merupakan symbol cinta dan kesetiaan dari raja Mughal, Shah Jahan untuk istrinya. Hal ini disebut sebagai monumen besar Mughal (struktur sejarah megah) yang berlokasi di jantung kota India. Monumen ini dipersiapkan dengan menggunakan marmer putih dan batu berharga dengan ukiran indah pada dinding. Taj Mahal dianggap sebagai pemberian oleh raja Mughal, Shah Jahan untuk istrinya yang telah meninggal, Mumtaz Mahal. Dia memanggil pengrajin terbaik di dunia untuk merancang Taj Mahal dan butuh waktu bertahun-tahun dan juga uang yang banyak untuk mempersiapkan semua ini. Disebutkan juga bahwa dia telah menolak ratusan desain dari para pengrajin dan akhirnya menyetujui satu rancangan. Taj Mahal memiliki 4 pilar di setiap sudutnya. Pilar tersebut didesain sangat indah dan sedikit mengarah ke luar untuk mencegah bangunan Taj Mahal dari setiap bencana alam (seperti badai, dll) di masa depan.

Terdapat makam untuk kedua raja dan ratu di sebuah ruang gelap di bawah kubah. Ada beberapa sajak yang tertulis dalam Quran pada dinding menggunakan potongan kaca berwarna-warni. Ruangan itu memiliki 4 menara yang terletak pada keempat sudut dengan rancangan yang menarik.

Marmer putih yang digunakan untuk membangun Taj Mahal sangatlah berharga dan dipesan dengan khusus dari luar oleh raja ke Agra. Taj Mahal telah distruktur untuk menggabungkan berbagai gaya arsitektur seperti India, Persia, Islam dan Turki.

Setiap tahun ribuan pengunjung datang ke Agra untuk melihat keindahannya. Taj Mahal didirikan oleh beragam artis dan pekerja yang membutuhkan waktu hingga 20 tahun untuk menyelesaikannya

UNESCO juga telah menyatakan bahwa monumen ini merupakan salah satu situs warisan UNESCO pada tahun 1983. Monumen ini telah mendapatkan popularitas yang mendunia sebagai salah satu 7 keajaiban dunia.

Sumber dari: http://2cerpen.com/legenda-taj-mahal/

KONTEN MENARIK LAINNYA
x