Mohon tunggu...
Muh.Syamsus Syarif
Muh.Syamsus Syarif Mohon Tunggu... Guru - Guru Pemasaran di Smk Baitul Hikmah Tempurejo - Jember

Dengan iman dan akhlak kita menjadi kuat tanpa iman dan akhlak kita menjadi lemah

Selanjutnya

Tutup

Money

Tercapainya Maslahah dalam Ruang Lingkup Konsumsi

9 Maret 2019   19:47 Diperbarui: 9 Maret 2019   19:53 211
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Pengertian Maslahah

Maslahah berasal dari kata salaha yang secara arti kata berarti baik lawan dari kata buruk atau rusak. Maslahah adalah kata masdar salah yang artinya yaitu manfaat atau terlepas daripada kerusakan. 

Maslahah dalam bahasa arab adalah perbuatan-perbuatan yang mendorong kepada kebaikan manusia. Dalam arti umumnya setiap segala sesuatu yang bermanfaat bagi manusia, baik dalam arti menarik atau menghasilkan keuntungan, atau dalam arti menolak atau menghindarkan seperti menolak kerusakan

Jamaluddin Abdurrahman menyebutkan maslahah dengan pengertian yang lebih umum dan yang dibutuhkan itu ialah semua apa yang bermanfaat untuk meraih kebaikan dan kesenangan maupun yang bersifat untuk menghilangkan kesulitan dan kesusahan

Dengan begitu kita dapat memahami bahwa esensi maslahah itu ialah terciptanya kebaikan dan kesenangan dalam kehidupan manusia serta terhindar dari hal-hal yang bisa merusaknya. Namun demikian, kemaslahatan itu berkaitan dengan tatanan nilai kebaikan yang patut dan layak yang dibutuhkan manusia.

Pengertian Konsumsi

Dalam ilmu ekonomi konsumsi adalah setiap perilaku seseorang untuk menggunakan dan memanfaatkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. 

Konsumsi merupakan satu dari tiga pokok ekonomi selain produksi dan distribusi. Konsumsi secara umum dimaknai sebagai tindakan untuk mengurangi atau menghabiskan guna ekonomi suatu benda, seperti memakan makanan, memakai baju, mengendarai sepeda motor, menempati rumah, dan lain-lain.

Maslahah dalam Konsumsi

Mashlahah sangat mempengaruhi keputusan seorang konsumen. Mashlahah adalah setiap keadaan yang membawa manusia pada derajat yang lebih tinggi sebagai makhluk yang sempurna. 

Mashlahah dunia dapat berbentuk manfaat fisik, biologis, psikis, dan material, atau manfaat. Mashlahah akhirat berupa janji kebaikan (pahala) yang akan diberikan di akhirat sebagai akibat perbuatan mengikuti ajaran Islam. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun