Mohon tunggu...
Rihhadatul Aisy
Rihhadatul Aisy Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Shalat dalam Menjaga Keseimbangan Hidup dan Kesejahteraan Spritual

3 Desember 2023   19:30 Diperbarui: 3 Desember 2023   19:33 69
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Salah satu rukun islam yang kedua yakni shalat. Shalat adalah kewajiban utama bagi setiap orang Islam yang telah baligh, hukumnya adalah fardhu 'ain. Selama ia masih dapat mengembuskan nafas, selama itu pula kewajiban sholat melekat di pundaknya, tidak dapat diwakilkan.

Dalam keadaan bagaimanapun, kapan pun, dan dimana pun, sholat harus dikerjakan. Karenanya, dalam Islam terdapat syariat tentang sholat bagi orang yang sakit, ketika dalam perjalanan, dan lain-lain. Shalat juga merupakan sarana dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT dan menjadi tiang agama yang harus ditegakkan dan jangan sampai untuk ditinggalkan. Karena dari mengerjakan shalat ini dapat memberikan suatu energi positif yang bisa kita rasakan ketentraman, kedamaian, dan kebahagiaan dalam menjalani kehidupan sehari-hari serta menjadi fondasi yang paling utama dalam meraih kehidupan di akhirat.

Selain itu, di setiap gerakan-gerakan shalat yang kita lakukan juga mempunyai begitu manfaat yang sangat dasyat untuk menyehatkan tubuh. Namun sebaliknya shalat juga dapat menjadi penyebab celakanya seseorang jika lalai dalam mengerjakannya serta shalat inilah yang membedakan antara seorang muslim dengan orang kafir.

Kewajiban sholat bagi setiap muslim yang baligh, telah ditetapkan dalam Al-Qur'an maupun hadits Nabi Muhammad SAW, berikut ini beberapa dalil kewajiban sholat :

1. Q.S. Al-Baqarah: 43

"Dan dirikanlah sholat, dan keluarkanlah zakat, dan tunduklah rukuk bersama orang-orang yang rukuk." (QS. Al-Baqarah: 43)

2. Q.S. Al-Ankabut: 45

"Kerjakanlah sholat, sesungguhnya sholatitu mencegah perbuatan yang keji dan yang mungkar." (QS. Al-Ankabut: 45)

Adapun Hadits Nabi Muhammad SAW yakni sebagai berikut :

Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Maslamah dari Malik dari pamannya yaitu Abu Suhail bin Malik dari Bapaknya bahwa dia mendengar Thalhah bin Ubaidullah berkata, seseorang yang rambutnya acak-acakan dari penduduk Najed - datang kepada Rasulullah SAW. Kami mendengar logat suaranya, tetapi kami tidak paham dengan perkataannya hingga dia mendekat dan ternyata dia bertanya tentang Islam. Maka Rasulullah SAW berkata kepadanya, "Salat lima kali sehari semalam." Dia bertanya lagi; apakah ada kewajiban bagiku selainnya? Rasulullah menjawab, 'Tidak ada kecuali kamu mau melakukan sunnah-sunnahnya. ' Rasulullah menambahkan puasa bulan Ramadan, Dia bertanya lagi, 'apakah ada kewajiban lain bagiku? Rasulullah menjawab, "Tidak ada kecuali kamu mau melakukannya secara suka rela (puasa sunah). Selanjutnya Rasulullah SAW menyebutkan tentang zakat. Dia bertanya lagi; apakah ada kewajiban yang lain bagiku? Rasul SAW menjawab, 'Tidak, kecuali kamu mau melakukannya secara suka rela. ' kemudian dia mundur ke belakang sambil berkata, 'Demi Allah aku tidak akan menambah atau mengurangi hal tersebut. Rasulullah SAW bersabda, "Dia beruntung jika dia jujur." Telah menceritakan kepada kami Sulaiman bin Daud, telah menceritakan kepada kami Ismail bin Ja'far Al Madani dari Abu Suhail, Nafi' dari Malik bin Abu 'Amir dengan sanadnya mengenai Hadits ini. Beliau bersabda, 'Sungguh ia dan bapaknya beruntung akan masuk surga jika ia jujur.' (HR. Abu Daud: 331)

Telah mengabarkan kepada kami Qutaibah dari Malik dari Yahya bin Sa'id dari Muhammad bin Yahya bin Habban dari Ibnu Muhairiz bahwa seorang dari Bani Kinanah -biasa dipanggil Al-Mukhdaji - telah mendengar seseorang di Syam -yang dijuluki Abu Muhammad- dia berkata, "Salat Witir adalah wajib."Al Mukhdaji berkata, "Kontan aku segera datang ke Ubadah bin Shamit, kupaparkan kepadanya, juga kuberitahukan apa yang dikatakan oleh Abu Muhammad, sementara dia sedang istirahat di Masjid. 'Ubadah lalu berkata, "Abu Muhammad berdusta! Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, "Lima waktu salat yang telah diwajibkan kepada para hamba-Nya, barang siapa mengerjakannya tanpa meremehkan hak salat ini sedikitpun, maka baginya di sisi Allah suatu perjanjian untuk dimasukkan ke surga, dan barang siapa tidak mengerjakan, dia tidak mempunyai perjanjian dengan Allah sedikitpun. Jika Allah berkehendak, Dia menyiksanya, dan jika berkehendak maka Dia akan memasukkannya ke surga."  (HR. Nasa'i: 457) 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun