Mohon tunggu...
Kang Miftah
Kang Miftah Mohon Tunggu... Kontributor Kompasiana

Kompasianer 2012 Hp : 081818153222

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

PERKI Bogor Sukses Gelar Pelatihan ACLS di Masa Pandemi Covid-19

12 April 2021   00:02 Diperbarui: 12 April 2021   00:06 41 1 0 Mohon Tunggu...

Bogor Jawabarat. Baru baru ini tepatnya senin sampai dengan Rabu, 6 -- 8 April 2021, Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) Bogor telah menyelenggarakan pelatihan ACLS (Advanced Cardiac Life Support) batch dua berbasis Online melalui Zoom meeting. Pelatihan tersebut diisi oleh dr. Ramang Napu, Sp.JP (K) FIHA, FAsCC, dr. Bimo Bintoro, Sp.JP (K) FIHA, dr. Doni Friadi, Sp.JP (K) FIHA dan dr. Ruswandiani, Sp.JP (K) FIHA. Kesemuanya merupakan pemateri yang berpengalaman dibidangnya.

Advanced Cardiac Life Support (ACLS) merupakan pengetahuan dan keterampilan tentang penanganan kasus-kasus kegawatdaruratan kardiovaskular. Walaupun pelatihan ACLS batch dua kali ini dilaksanakan dimasa pandemic Covid-19, tidak menyurutkan semangat panitia untuk melaksanakan program pelatihan tersebut. Terbukti, sebanyak 30 dokter dari berbagai Rumah Sakit terlibat mengikuti acara.

Pada hari pertama dan kedua, seluruh peserta pelatihan menyimak materi dalam bentuk teori lewat Zoom diawali dengan materi pelatihan Basic Life Support (BLS) dan dihari ketiga seluruh peserta mengikuti ujian megacode, kegiatan ini merupakan suatu pelatihan skenario dimana peserta dibagi menjadi beberapa grup. Satu group terdiridari 5 orang. Masing masing kelompok di sediakan manekin, defibrillator, alat intubasi dan alat bantu nafas, dan lain-lain.

Selama acara berlangsung, seluruh peserta menyimak materi dengan seksama dan cukup antusias. Dalam penuturan salasatu peserta, dr. Ai Sartika, dirinya mengatakan ikut pelatihan ACLS melalui Zoom awalnya merasa sedikit aneh, tapi ilmunya sangat banyak dan update dan pematerinya keren keren, tandasnya. Hal senada disampaikan oleh dr. Sunarsih dan dr. Liza Restiana. Mereka berdua merasa bersyukur karena bisa mengikuti pelatihan ACLS kali ini dan merasakan banyak ilmu yang di dapat dan termotivasi untuk terus membantu banyak orang. "terimakasih banyak untuk semuanya, pengajarnya luarbiasa, semoga PERKI Bogor sukses selalu", ujarnya.

Dalam sesi penutupan, para pemateri menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta atas kesungguhan serta keseriusannya mengikuti pelatihan. Mereka berharap, semua ilmu yang diberikan dapat bermanfaat dan bisa di jalankan sebagaimana mestinya. 

Hal senada di sampaikan oleh dr. Kornadi, Sp.JP (K) FIHA, MKM, selaku ketua PERKI Bogor. Dirinya menjelaskan bahwa PERKI Bogor saat ini telah merancang agenda pelatihan dengan beberapa gelombang untuk periode 2021. Kepada peserta gelombang kedua ini ia berharap semoga ilmu yang di dapatkan oleh peserta pelatihan dapat di implemtasikan secara optimal. "Apa yang di temui pada sesi pelatihan adalah gambaran yang sering ditemui di lapangan. Tantangan sesungguhnya adalah ketika bertemu langsung dengan pasien, dan kita harus siap dalam segala kondisi yang ada", tegas dokter Kor.

VIDEO PILIHAN