Mohon tunggu...
YUNI NUR MALITAS
YUNI NUR MALITAS Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa semester 1 D IV Analisis kesehatan

Universitas nahdlatul ulama surabaya

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Menjaga Kesehatan Mata

14 November 2021   14:07 Diperbarui: 14 November 2021   14:15 55 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Mata adah organ ssenorik utam yang memberi reaksi pada cahaya dan mengirimkan informasi vosual ke otak. Mata merupakan alat indra yang sangat penting dan sangat berperan dalam melihat objek yang jauh maupun yang dekat.  Oleh karena itu, banyak orang yang berusaha untuk menjaga kesehatan mata. Akan tetapi, masih banyak orang yang kurang peduli. Terbukti dari banyaknya orang yang menderita cacat pada mata. Lebih mengkhawatirkan lagi, jika yang mengalami kerusakan pada mata itu usia nya masih balita ataupun anak-anak. Karena menjaga kesehatan mata itu tidak memandang usia baik muda maupun tua. untuk itu, oenelitian mengenai menjaga kesehatan mata perlu dilakukan. Metoe yang dilakukan dengan cara motode kualitatif. 

Mata merupakan alat indra yang sangat penting bagi makhluk hidup, karena berfungsi sebagai alat penglihatan untuk mengetahui suatu objek. Karena mata merupakan alat organ sensorik utama jadi, bagian-bagian penyusun anatomi mata juga mempunyai sistem saraf yang kompleks dan fungsi yang penting. Secara garis besar anatomi mta terdiri dari kornea, pupil, lens, dan retina ( Atchison dan Smith, 2000 ). 

Kornea berperan dalam pembelokan sinar yang masuk ke mata. Pupil merupakan lingkaran di iris mata yang membuka dan menyinggng ke permukaan lensa ( Bharadwaj, 2011 ). Lensa merupakan serat halus dengan indeks bias mata tidak seragam di dalam kapsul elastis (Hermans, 2007 ). Sedangkan Retina adalah bagian jaringan pada mata yang peka terhadap sinar. Jika salah satu dari fungsi anatominya mengalami kerusakan bisa mengakibatkan cacat pada mata. Cacat pada mata ini dibedakan menjadi 3 jenis yaitu;  

1. Miopi  (rabun jauh) adalah kondisi mata yang menyebabkan oobjek yang letaknya dekat terlihat jelas, sementara objek yang letaknya jauh terlihat kabur. 

Penderita ini bisa ditolong dengan penggunaan kacamata berlensa negatif/minus  

2. Hipermetropi (rabun dekat) adalah kondisi mata yang menyebabkan objek yang letaknya dekat terlihat kabur sementara objek yang letaknya jauh terlihat jelas. Penderita ini bisa ditolong dengan penggunaan kacamata berlensa positif/plus 

3. Presbiopi adalah kondisi mata dimana menurunnyafungsi penglihatan pada jarak dekat, biasannya dipengaruhi oleh faktor usia/penuaan. 

Dari beberapa cacat mata diatas, tentunya ada faktor-faktor yang dapat menyebabkan kerusakan pada mata diantaranya pola hidup yang tidak sehat seperti merokok, menatap layar LCD terlalu dekat dalam jangk waktu yang lama, sering terjadi kontak langsung dengan paparan sinar UV, dan bisa juga diakibatkan dari penyakit bawaan seperti diabetes, darah tinggi, dan yang paling umum karena mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. 

Untuk mencegah terjadinya kerusakan pada mata, bisa dilakukan dengan cara berikut; memakan buah dan sayuran yang kaya aka vitamin A, memakai kacamata hitam sebagai plindung dari sinar UV saat diluar rumah, hindari menatap layar LCD terlalu lama, tidak membaca dicahaya yang redup. 

Jadi, menjaga kesehatan mata itu sangat penting bagi manusia demi mendapat peglihatan yang baik. Dan untuk memperoleh mata yang sehat tidak memerlukan usaha yang terlalu sulit karena bisa dilakukan dari diri sendiri dan tidak jauh dari kehidupan sehari-hari. Dengan menjaga kesehatan mata diharapkan semakin berkurangnya jumlah penderita cacat pada mata. 

Referensi 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan