Mohon tunggu...
Blasius Mengkaka
Blasius Mengkaka Mohon Tunggu... Guru - Guru dan Penulis.

Mencipta wacana bermutu dari sistem berpikir Plato dan Aristoteles. Sarjana Filsafat dari STFK Ledalero sejak tahun 2002 dan seorang guru profesional sejak tahun 2008. Email: mengkakablasius@yahoo.com. --(C)2013-2020.

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Film Jerman "HopfenSommer", Kisah Cinta di Tengah Tata Kelola Industri Rumah di Jerman

28 Juli 2021   15:26 Diperbarui: 24 Agustus 2021   12:50 105 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Film Jerman "HopfenSommer", Kisah Cinta di Tengah Tata Kelola Industri Rumah di Jerman
Dari kanan ke kiri: Sophie, Sepp, Karl dan isteri Sepp, Franziska berfoto di tengah-tengah tanaman Hop milik mereka. (Foto: tvspielfilm.de).

HopfenSommer diterjemahkan Hop-Hop musim panas. Film Jerman HopfenSommer dipuji sebagai jenis film keluarga yang menggambarkan kondisi tanah Jerman terbaik. Di film ini kita dapat menyaksikan bahwa Jerman menganuti sistem industri berbasis keluarga. Industri-industri didirikan dan menjadi milik keluarga secara turun-temurun. Keluarga menjadi karyawan, kepala, pengelola, sekaligus pemilik industri. 

Lokasi pembuatan film ini mengambil tempat di Bavaria, Jerman. Bavaria di Jerman terkenal sebagai salah satu daerah penghasil Hop terbaik untuk bahan pembuat bir yang sangat terkenal yang disebut Bavarian brewery Hops Boss. Jadi film ini memiliki nilai tinggi bagi kita untuk memahami kehidupan industri-industri Jerman yang berbasis pada industri milik keluarga.

Joseph "Sepp" adalah kepala keluarga yang memiliki tanah pertanian di Bavaria yang sangat luas. Di tanah pertanian Bavaria itulah, selama beberapa generasi keluarga itu secara bersama-sama menanam dan mengelola tanaman Hop secara besar-besaran dengan bantuan mesin-mesin modern.

Inilah tanaman Hop untuk pembuatan bir Bavarian brewery Hops Boss yang sangat terkenal itu. (Foto: kostbarenatur.net).
Inilah tanaman Hop untuk pembuatan bir Bavarian brewery Hops Boss yang sangat terkenal itu. (Foto: kostbarenatur.net).

Hop adalah satu jenis tanaman sebagai bahan utama pembuatan bir. Bavarian brewery Hops Boss  adalah minuman keras  jenis bir yang seimbang dan sedikit pahit dengan ramuan alami Bavaria terbaik dan hop Hallertau asli.

Pada awal film diceriterakan bahwa Karl Singhammer, putera Joseph "Sepp" Singhammer meninggalkan kampung halamannya di Bavaria. Karl adalah pewaris pertanian Hop untuk pekerjaan eksekutif pembuatan bir Bavarian brewery Hops Boss setelah pertengkaran sengit dengan ayahnya Joseph 'Sepp' Singhammer, yang secara membabi buta menyalahkan Karl sebagai penjahat karena 'gagal mencegah' adik perempuannya yang ceroboh tenggelam.

Pada suatu hari Sepp terkena serangan jantung dan dirawat di rumah sakit sehingga Karl menanggapi permintaan ibunya Franziska Singhammer untuk datang menyelamatkan panen Hop. Tiba di rumah, Karl malahan bertemu lagi dengan tetangga dan pacar masa mudanya Leni, yang tidak bisa bertahan di pertanian Hop kecilnya sendirian.

Bavarian brewery Hops Boss. (Foto: orlandoweekly.com).
Bavarian brewery Hops Boss. (Foto: orlandoweekly.com).

Pada suatu hari, Karl menyelamatkan seorang anak gadis nakal Marie yang tidak tahu apa-apa dan tenggelam di danau. Kondisi ini membuat Karl bertemu dengan ibu tunggal Sophie Kreilinger yang mempesona dan membingungkannya. Sophie adalah seorang 'penari eksotis' dan pembohong yang suci. Hal ini membuat Leni cemburu.

Ayah Karl, Sepp sembuh dari sakitnya di rumah sakit dan mencegah Karl mengambil kendali industri milik keluarga itu. Karl setuju hanya ada satu kapten dan sudah waktunya untuk mengambil alih kemudi, namun ibu Karl bersikeras bahwa puteranya harus memiliki istri yang berprofesi sebagai petani juga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x