Mohon tunggu...
john brata
john brata Mohon Tunggu... Captain Pilot / Purnawirawan Perwira Penerbang POLRI - .

Lahir di Bogor tanggal 08 Februari 1941

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Captain QZ 85O1 Tidak On Seat!

4 Februari 2015   05:08 Diperbarui: 17 Juni 2015   11:52 263
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Ada berita pendek berita elektonik cetak  yang menulis bahwa saat musibah Air Asia QZ 8501 , Captain Irianto tidak on seat ! ?

Berita ini menyiratkan seakan akan Captain atau Pilot salah tidak on seat . Memang salah atau ada larangan Pilot , Captain atau Co Pilot meninggalkan seat nya selama penerbangan ? Bila dilarang apa cockpit crew harus nenteng pispot buat BAK atau barangkalai BAB ?

Wah bila ada larangan demikian hampir semua Pilot bias kena prostrate ! Bisa juga larangan tidak boleh meninggalkan seat dikompensasi dengan jatah pampers selama diudara ??? Hahahahahah ahhh !

Cockpit crew tidak dilarang meninggalkan seat selama penerbangan , Cockpit crew juga tidak di borgol di seat nya . Masa sih selama  penerbangan cockpit crew tidak boleh BAK bahkan BAB !

Jaman masih aman , sebelum teroris sialan berkeliaran , cockpit crew itu malah dipesan management untuk berinteraksi dengan penumnpang yang sekarang disebut pelanggan . Bahkan boleh melaksanakan cockpit visit terutama untuk anak anak ! Maksudnya selain memperkenalkan perusahaan juga untuk menimbuhkan minat kedirgantaraan dikalangan  orang muda khususnya masyarakat  luas umumnya !

Meninggalkan seat atau cockpit itu juga ada persyaratannya . Pertama tidak diperbolehkan cockpit ditinggalklan kedua Pilot . Waktunya juga tidak boleh sembarangan seenaknya . Ya yang jelas “ goblok “ banget pilot meninggalkan cockpit saat misalnya dalam keadaan cuaca buruk ( bad weather ) . Atau barangkali saat sedang dalam kondisi abnormal atau  dalam situasi emergency . Lha orang normal bila menghadapi situasi , sebut saja gawat biasanya urgency kepingin ini itu akan dilupakan seketika .

Karena itu dikaitkan dengan berita yang mengabarkan Captain QZ 8501 tidak on seat saat musibah terjadi , menurut penulis dapat diduga memang saat musibah itu terjadi QZ 8501 dalam keadaan cuaca yang baik , tepatnya relative baik mengingat bahwa saat kejkadian mem,ang sepanjang Khatulistiwa situasi terdapat “ shear line “ atau terdapat ITCZ Inter Tropical Convergence Zone .  Dalam istilah umum khatulistiwa dipenuhi gumpalan awan cumulus CU dan cumulus nimbus CB dengan segala isinya yang derajat turbulence mulai yang ringan , light atau sedang moderate bahkan yang paling perlu diwaspadai heavy bahkan extreme turbulence !

Tidaklah mungkin seorang Pilot apalagi Captain akan meninggalkan cockpit bila pesawat yang sedang dikomandoinya dalam cuaca buruk !

Disinilah kemungkinan besar saat Captain Irianto diluar cockpit , QZ 8501 terkena up draft yang melemparkannya meluncur tidak terkendali selama 40 detik, dengan kecepatan naik VSI vertical speed indicator 11600 feet /minute   ( sepuluh ribu enam ratuskaki per menit ) . Katanya QZ 8501 terlempar ke altitude 37.000 feet . ASI  air speed indicator drop ekitar 106 kts , pesawat stall  kearah kiri masuk berputar ,spiral dive kekiri . Hal ini secara teknis putaran mesin itu biasanya menurut jarum jam,clockwise ,maka bila putaran mesin sop maka akan da daya putar kekiri > Itulah yang terjadi dan pesawat melayang hingga jatuh dilaut .

Diudara bahkan dimana saja segala sesuatu bisa terjadi . Kejadian yang tidak mampu diatasi manusia siapapun juga  sejago jagonya dia.

Sangatlah impossible sebuah pesawat penumpang mampu diangkat secara sengaja oleh manusia , pilot ,dengan kecepatan naik VSI 11600  feet / min .Impossile .!

Artinya jelas  QZ 8501 terkena very very very extreme turbulence !

Dugaan ini akan terbukti bila nanti sesudah penelitian ,analisa BLACK BOX dan CVR cockpit voice  recorder selesai sempurna dilaksanakan !

Percaya saja kepada KNKT  !

Capt John Brata ATPL 760  (  Aktivis  IAW . )

Mohon tunggu...

Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun