Mohon tunggu...
Uyun auliya tazkiyah
Uyun auliya tazkiyah Mohon Tunggu... Jurnalis - Man qolla shidquhu Qolla shodiquhu

Ilmu bukanlah apa yang dihafal,akan tetapi yang bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengalaman Belajar Bahasa Arab dengan Program Arabic Online

23 April 2022   08:39 Diperbarui: 23 April 2022   20:33 939
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

screenshot-113-6264000cbb448638915fa032.png
screenshot-113-6264000cbb448638915fa032.png

Program Arabic Online merupakan program pembelajaran bahasa arab yang dilakukan secara online yang mana program ini dimiliki oleh Saudi Electronic University (SEU). Program ini menyediakan pembelajaran secara online yang akan memungkinkan semua orang yang mengaksesnya bisa belajar bahasa arab dimana saja dan kapan saja tanpa terikat batasan ruang dan waktu serta tidak terikat oleh satu dunia saja, tetapi program ini bisa diakses di seluruh belahan dunia. Maka dari itu, program ini bisa diakses oleh semua orang lebih khusus pelajar dan pengajar bahasa arab di seluruh dunia.

Program Arabic Online ini bisa memenuhi semua kebutuhan belajar maupun pengajaran bahasa arab bagi penutur asing dengan adanya program online yang dikemas secara terpadu. Program Arabic Online juga menawarkan untuk penutur bahasa arab di luar negeri yang mana mereka tinggal di lingkungan non-Arab agar mereka bisa menguasai mufrodat serta maharah kalam, qiro'ah, istima' serta maharah kitabah. Program ini juga menyediakan kurikulum pendidikan lanjutan dengan adanya penempatan tes terstandarisasi sesuai dengan format pengajaran bahasa yang maju sesuai dengan perkembangan sama seperti sekarang ini. 

Bukan hanya itu saja, Program Arabic Online ini juga mengajarkan bahasa arab dengan standar modern dan juga dengan bentuk yang fungsional serta berfokus pada penggunaan bahasa sehari-hari. Pembelajaran bahasa arab melalui Program Arabic Online ini menghadirkan pembelajaran bahasa arab secara online yang bersifat interaktif, terpadu dan juga modern. Program ini juga disajikan kedalam empat keterampilan bahasa yaitu (kalam, kitabah, qiroah, dan istima'). Selain itu, program ini juga mempertimbangkan kemampuan komunikatif, bahasa dan budaya pembelajar yang mana menyajikan materi secara bertahap sesuai dengan tingkat kemampuan pembelajar program ini.

Dalam program ini terdapat dua pilihan antara format virtual dan belajar mandiri. Ketika awal masuk Program Arabic Online ini, pembelajar akan diminta melakukan tes penempatan untuk menentukan tingkatan kelas yang akan mereka ambik. Dan dalam Program Arabic Online ini disajikan 16 tingkatan kemampuan. Jadi ketika pembelajar sudah melakukan tes penempatan tersebut, maka pembelajar akan ditempatkan sesuai tingkatan kemampuan ketika sudah melakukan tes tingkatan tersebut.

 Kelebihan dari Program Arabic Online adalah bersifat fleksibel. Dikatakan fleksibel karena belajar bahasa arab melalui Program Arabic Online ini tentu bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.  Selain itu, Program Arabic Online bisa diakses tanpa terikat oleh ruang dan waktu, artinya tanpa kita berada di Lembaga Pendidikan, kita tentu bisa mengaksesnya, misal ketika di rumah, cafe, dan tempat-tempat lainya.

Kelebihan lainya adalah materi yang sudah tersedia jadi memudahkan pembelajar untuk berbicara dan berkomunikasi dengan native speaker dan itu menjadikan pengalaman belajar bahasa arab secara langsung sehingga akan memudahkan pembelajar dalam mempelajari bahasa arab. Serta dalam Program Arabic Online ini dilengkapi dengan  modul khusus yang terdapat didalamnya serta pembelajaran juga ditayangkan melalui video tutorial sehingga tidak membuat bosan pembelajar ketika belajar bahasa arab.

Karena Program Arabic Online ini harus menggunakan jaringan secara online, maka artinya harus membutuhkan jaringan internet yang kuat juga. Maka dari itu salah satu kekurangan dari Program Arabic Online ini adalah dibutuhkanya jaringan internet yang stabil dan kuat sehingga memudahkan pembelajar dalam mempelajari bahasa arab melalui Program Arabic Online ini.

Program Pembelajaran Bahasa Arab versi SEU ini merupakan salah satu progra, belajar bahasa arab online yang mana ketika ingin mengikuti program tersebut gratis tanpa ada biaya dalam mengaksesnya. Serta semua orang yang mengikuti Program Arabic Online akan mendapatkan bonus berupa sertifikat dari Saudi Electronic University. Jadi kapan lagi kita bisa belajar bahasa arab secara gratis, maka dari itu ikutilah Program Arabic Online mulai dari sekarang juga....


Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun