Mohon tunggu...
Edi Abdullah
Edi Abdullah Mohon Tunggu... Administrasi - Bekerja Sebagai Widyaiswara Pada Lembaga Administrasi Negara RI

RIWAYAT PEKERJAAN.\r\n1. DOSEN PADA UNIVERSITAS INDONESIA TIMUR TAHUN 2008-2011.\r\n2.DOSEN PADA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR. TAHUN 2008.\r\n3. DOSEN PADA STIH COKROAMINOTO TAHUN 2009-2012.\r\n4. DOSEN PADA STMIK DIPANEGARA TAHUN 2009-2012.DENGAN NOMOR INDUK DOSEN NASIONA(.NIDN ) 09101182O1. \r\n6.BEKERJA SEBAGAI ADVOKAT PADA TAHUN 2008-2011.\r\n7. BEKERJA SEBAGAI PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) DI PKP2A II LEMBAGA ADMINISTRASI NEGARA RI. SEJAK TAHUN 2011-SEKARANG\r\n.\r\nPENGAMAT KEBIJAKAN PUBLIK,HUKUM, POLITIK LAN MAKASSAR, WIDYAISWARA BIDAnG HUKUM LAN MAKASSAR\r\n\r\nKARYA ILMIAH ;BUKU PERLINDUNGAN SAKSI DAN KORBAN DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA,merobek demokrasi\r\nFROM PINRANG TO MAKASSAR\r\n\r\

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Menjadi Widyaiswara Hebat

14 Oktober 2019   20:11 Diperbarui: 14 Oktober 2019   20:16 72
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
foto koleksi penulis

Menjadi Widyaiswara tentunya sebuah pekerjaan yang membutuhkan pendekatan tersendiri, membutuhkan kemapuan tersendiri, seperti kita kethui secara Bersama bahwa pekerjaan sebagai widyaiswara merupakan sebuah pekerjaan yang penuls kategorikan sebagai pekeraan yang Officium Nobile, karena tugas utama seorang widyaiswara adalah melakukan Dikjartih yakni Pendidikan,pengajaran dan pelatihan,.

Pekerjaan wdyaiswara tentunya memiiki kemiripan dengan profesi guru maupun dosen, jika melaksanaka kegiatan Pendidikan dan pengajaran ,dosen juga melaksanakan kegiatan Pendidikan dan pengajaran demikian pula dengan widyaiswara yang memiliki fungsi untuk melakukan kegiatan Pendidikan dan pengajaran.

Mungkin yang agak sedikit berbeda secara umum dari ketiga profesi ini adalah objek dari kegiatan Pendidikan dan pengajaran yang mereka lakukan ,jika Guru mengajar kepada siswa ,jika dosen mengajar kepada mahasiswa maka Widyaiswara melakukan pedidikan ,pengejaran dan pelatihan kepada para ASN yang notabenenya mereka addalah orang ornag yang sudah melewati proses pengajaran dari guru dan dosen .

Sehinggah mereka bukanlagi sebagai botol kosong, karena itu sorang widyaiswara harus memiliki kemampuan memadukan teknik dan metode pengajaran yag disebut sebagai metode andragogi dan pedagogi sehnggah mampu memuaskan para peserta Pendidikan yang berasal dari ASN yang rata rata mereka sudah bergelar S1 atau Sarjana.

Menjadi widyaiswara hebat tentunya butuh beberapa kiat suksses :

Pertama Learning/Beajar, seorang widyaiswara yang hebat harus senantiasa berusaha untuk meningkatkan kompetensinya apalag yang mereka hadapi terkadang seorang pejebat ASN yang udah malang lintag dalam birokrasi karena itu sangat dibutuhkan widyaiswara harus senantiasa mengupgrade ilmunya sheinggah tidak ketinggalan jaman , tanpa belajar mustahil seorang widyaiswara mmampu menjadi hebat didepan kelas.

Kedua Inpiring/menginspirasi, seorang widyaiswara tentunya harus mengisprasi dan mampu mengispirasi, karena itu widyaiswara harus memiliki banyak referensi, dengan banyak membaca maka seorang widyaiswara akan memiiki banyak inspirasi, sehingga kelas yang diatangani menjadi hidup.

Ketiga Experience/pengalaman seorang widyaiswara yang hebat harus memiliki pengalaman tanpa mengalaman maka widyaiswara tersebut hanya akan menjadi bahan tawaan peserta diklat dan membuat peserta tertidur didala kela, karena itu widyasiwara harus memiiki jam terbang mengajar yang tinggi, seperti pilot pesawat terbang, semakin tinggi jam terbangnya maka pilot tersbeut juga semakin kayak pengalamannya dan diakui perusahaan bahkan dunia,..bersambung.....

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun