Mohon tunggu...
Pendidikan

Ruang Lingkup Organisasi dan Administrasi BK

22 November 2018   00:14 Diperbarui: 22 November 2018   00:22 284
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Sekolah adalah miniatur masyarakat sosial. Bersosialisasi dengan warga sekolah, termasuk guru, teman, penjaga kantin serta pedagang sekitar. Bentuk hasil sosial di sekolah akan kita bawa pada masyarakat umum. Disitu kita dapat sedikit memperoleh pelajaran dari kehidupan masyarakat sekolah yang tak jauh berbeda dengan masyarakat sekitar pada umumnya.

Dalam kehidupan sosial kita tak lepas dari yang namanya organisasi. Sekolah sebagai miniatur saja didalamnya terdapat sekian banyak organisasi, apalagi di masyarakat secara umum. Misalnya, organisasi intra dan ekstra yang ada di sekolah. Biasanya organisasi intra sekolah yang lebih banyak diminai oleh para siswa. Salah satu organisasi yang masih sangat disegani bahkan seharusnya ada di sekolah, yaitu bimbingan dan konseling serta OSIS.

Tidak perlu terlalu panjang membahas apa itu organisasi karena organisasi sudah tidak asing lagi di telinga kita. Nah sekarang kita fokus pada satu organisasi di sekolah, yaitu organisasi bimbingan dan konseling. Kegiatan ini masuk dalam kategori organisasi karena didalamnya tersusun secara sistematis mengenai kegiatan serta kepengurusan. Dengan adanya organisasi diharapkan segala bentuk kegiatan yang ada dapat terkoordinir dengan baik.

Dalam organisasi bimbingan dan konseling harus ada administrasi sebagai bentuk rambu lalu lintas kerja pelayanan bimbingan dan konseling sehingga kegiatan yang terlaksana dalam organisasi tersebut dapat berjalan secara efektif dan efisien. Administrasi bimbingan dan konseling berada dalam satu ruang lingkup dalam melaksanakan berbagai kegiatan bimbingan dan konseling.

Kegiatan administrasi bimbingan dan konseling dapat berupa pencatatan data murid, penyimpanannya, laporan dan pengalihan tangan masalah siswa terhadap yang lebih ahli. Didalamnya pula terdapat pola kerja dan sarana administrasi layanan bimbingan dan konseling. Administrasi BK dapat dikatakan sebagai suksesor pada organisasi bimbingan dan konseling dimana antara keduanya tidak dapat dipisahkan atau harus berada dalam satu ruang lingkup. Wallahu A'lam

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun