Mohon tunggu...
Gordi Afri
Gordi Afri Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

Alumnus STF Driyarkara, Jakarta, 2012. Sekarang tinggal di Yogyakarta. Simak pengalamannya di http://gordyafri.blogspot.com dan http://gordyafri2011.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Aksi Para "Pemain" Tengah Malam

28 Juli 2012   17:03 Diperbarui: 25 Juni 2015   02:30 162
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kompasioners yang 'bermain' tengah malam biasanya mendapat banyak untung. Untungnya adalah banyak pembaca yang melihat tulisan mereka. Entah ini diterima atau tidak. Saya baru saja mencoba membuat postingan tulisan pada tengah malam. Dan, hasilnya lumayan banyak pembacanya. Saya hanya coba-coba. Tetapi boleh jadi kompasioners lain mencoba tetapi tidak mendapat hasil seperti saya.

Saya bukan pemain tengah malam. Selama ini saya menulis pada pagi atau malam setelah makan malam. Boleh jadi kesimpulan saya di atas tidak disetujui oleh kompasioners yang bermain tengah malam. Merekalah yang lebih tahu daripada saya.

Kalau banyaknya pembaca dianggaps ebagai keuntungan menulis di kompasiana maka boleh jadi salah satu pilihan posting adalah tengah malam. Tentu ini hanya salah satu. Cara lain ya dengan menulis sebagus mungkin, semenari mungkin, seaktual mungkin, dan sebagainya. Ada juga kompasioners terkenal yang posting kapan saja tulisannya tetap diminati banyak pembaca. Ini diluar kategori kompasioners tengah malam.

Tetapi kalau dilihat dengan cermat, pemain tengah malam di kompasiana ini memang maeraup untung banyak. Beberapa tulisan yang masuk tengah malam menjadi headline atau terekomendasi. Apakah ini sebuah kecenderungan atau tidak, yang jelas postingan tengah malam itu menjadi langganan kolom TER. boleh jadi tulisan ini juga masuk kolom TER. Tetapi bisa juga tidak.

Postingah tengah malam tampaknya menarik. Banyak kompasioners yang bermain tengah malam. Mungkin karena suasana sunyi sehingga ide lancar. Atau juga memang sengaja diposting tengah malam. YAng jelas postingah tengah malam diminati banyak kompasioners. Banyak orang tidur pada jam-jam seperti ini tetapi banyak kompasioners yang belum tidur. Woao....ini sebuah kehebatan, menulis dan membaca pada jam-jam nyenyak.

Saya teringat dulu waktu SMP, belajar malam-malam termasuk melewati tengah malam hanya mau menikmati sunyinya malam. Suasana sunyi memudahkan otak mencerna pengetahuan. PAdahal dari sisi kesehatan ada ruginya juga akrena memotong jam istirahat. Apakah kompasioners yang bermain tengah malam juga menderita kerugian dari sisi kesehatan? Boleh jadi tetapi mereka pasti puas jika tulisannya bagus, menarik dibaca banyak orang, bermanfaat bagi orang lain, dan sebagainya.

Selamat malam

PA, 28/7/2012

Gordi Afri

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun