Mohon tunggu...
fahrial mega adandy
fahrial mega adandy Mohon Tunggu... -

mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Nature Pilihan

Anak-anak dan Televisi

5 Oktober 2014   20:50 Diperbarui: 17 Juni 2015   22:17 62
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Nature. Sumber ilustrasi: Unsplash

Ada banyak jenis hiburan untuk anak-anak hari ini, buku, film, permainan, dan olahraga hanya beberapa kemungkinan lain. Televisi adalah salah satu jenis terbaru dari hiburan. Ini telah bersemangat untuk kurang dari tiga puluh tahun, tetapi telah memiliki pengaruh yang besar pada anak-anak. Studi menunjukkan bahwa anak-anak sekolah dasar di amerika serikat menonton televisi sekitar dua puluh lima jam seminggu, dan bahwa anak-anak pra sekolah melihatnya sekitar tiga puluh jam seminggu.

Beberapa orang merasa bahwa televisi memiliki pengaruh yang baik pada anak-anak karena menawarkan program pendidikan bagi mereka. Salah satu yang terbaik dan paling populer program adalah sesame street. Anak-anak di lima puluh negara sekarang menonton program ini. Satu studi mengklaim bahwa sesame street membantu anak-anak lebih baik di sekolah. Banyak orang berharap program seperti ini akan memberikan pendidikan yang lebih baik bagi anak-anak dari masyarakat miskin dan sekolah.

Orang lain merasa bahwa televisi adalah buruk bagi anak-anak. Mereka merasa bahwa ada terlalu banyak program tentang kejahatan dan kekerasan. Dan program pendidikan bahkan tidak memberikan pendidikan anak. Anak-anak hanya menonton terlalu banyak televisi, dan karena itu mereka tidak melakukan banyak hal lain yang penting untuk pendidikan mereka. Anak prasekolah perlu belajar untuk berbicara bahasa mereka dan berkomunikasi dengan orang-orang. Ketika mereka menonton televisi mereka hanya mendengarkan bahasa, dan mereka tidak berkomunikasi dengan siapa pun. Ketika anak-anak sekolah dasar menonton televisi, mereka membaca jauh lebih sedikit. Karena itu, mereka tidak belajar membaca dan menulis secepat di sekolah.

Semua anak belajar dengan melakukan, dan mereka membutuhkan waktu untuk bermain untuk belajar tentang dunia. Ketika mereka menonton televisi, mereka bermain kurang. Mereka juga memiliki sedikit waktu untuk berolahraga dan mengembangkan hubungan dengan orang tua dan teman-teman mereka, dan mereka memiliki lebih sedikit untuk berolahraga dan tubuh mereka.

Baru-baru ini, lima belas keluarga di denver memutuskan untuk berhenti menonton televisi selama satu bulan atau lebih. Pada awalnya sulit, tapi ada banyak hasil yang baik. Anak-anak membaca, bermain, dan berolahraga, semakin keluarga menjadi lebih dekat. Tetapi pada akhir percobaan semua keluarga mulai menonton televisi seperti halnya sebelumnya. Tidak satu keluarga mampu melepaskan televisi sepenuhnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun