Mohon tunggu...
1130022004 QURROTUL UYUN
1130022004 QURROTUL UYUN Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hai teman teman selamat datang di akun saya, Selamat membaca .

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Sebab dan Akibat

22 Oktober 2022   20:24 Diperbarui: 22 Oktober 2022   20:40 153
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Pada hakikatnya akibat muncul karena adanya sebab. Dan adanya sebab pasti ada akibatnya. Sama halnya dengan perumpamaan pada asap Dan api tidak akan ada asap jika tidak ada api titik tidak akan ada reaksi jika tidak ada aksi juga, tidak akan ada alasan yang datang tanpa adanya sebab dan akibat.

Contohnya seperti ini, seseorang tidak akan marah jika tanpa adanya sebab. Dan kita harus kenali dulu diri kita apakah kita melakukan sesuatu yang membuat orang lain itu marah ataukah tidak, karena pada hakikatnya tidak akan ada alasan yang datang tanpa adanya sebab.

Bermuhasabah dan berintrospeksi diri, jangan malah menyalahkan orang lain karena rasa marahnya, terkadang kita lebih mengedepankan ego dan malu untuk meminta maaf terlebih dahulu padahal meminta maaf tidak akan membuatmu hina bahkan malah membuatmu menjadi mulia.

Catatan manis di akhir.

Teruslah berbuat baik tanpa harus minta balasan untuk kembali dibalas baik tetaplah menjadi orang baik meski terkadang kebaikanmu tak dianggap baik oleh orang lain tetaplah menjadi orang baik tanpa harus memamerkan pada orang lain bahwa kita adalah orang baik karena sejatinya orang baik tidak akan mengakui bahwa dirinya baik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun