Mohon tunggu...
Trias Setiawan Rizky
Trias Setiawan Rizky Mohon Tunggu... Wiraswasta - Writing for living

Haii, saya suka menulis 😁

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Menulis Ala Paul Bradshaw

12 Maret 2015   02:12 Diperbarui: 17 Juni 2015   09:47 42
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
14261001981755526201

sumber

Menurut penelitian para ahli, menulis bisa menurunkan tingkat depresi dan memperbaiki mood seseorang, alasannya adalah karena ketika menulis seseorang dapat dengan leluasa meluapkan seluruh pikiran dan isi hatinya.

Dengan hadirnya internet sebagai sebuah sarana sharing informasi yang sangat flexibel, kini semua orang bisa membagikan tulisannya kepada semua orang, mulai dari berbagi hal-hal sepele sampai dengan hal-hal yang rumit sekarang dapat di tulis di internet, tentunya dengan mengikuti aturan dan etiket yang baik. Selain itu dari segi tata bahasa maupun sistematika penulisan juga penting untuk diperhatikan.

Menulis di internet tidak sama dengan menulis di sebuah kertas ataudi MS Office. Seperti yang kita ketahui jika tulisan di muat di internet, maka semua orang dari berbagai penjuru dunia dapat dengan mudah membacanya, bahkan dapat menimbulkan hubungan timbal balik antara penulis dan pembaca. Kita ambil contoh seperti Kompasiana, dengan fasilitas Comment atau Add Friend antar sesama anggota forum maka hal itu bisa terjadi. Inilah perbedaan yang paling kentara bila menggunakan media internet

Menulis di internet membutuhkan teknik-teknik khusus yang jauh berbeda dengan menulis secara konvensional. Pertanyaannya adalah kenapa harus menggunakan teknik menulis yang khusus? Alasannya adalah karena adanya timbal balik itu tadi.

Logikanya seperti ini, jika seseorang dapat langsung mengomentari hasil tulisan kita di internet, maka tentunya kita juga harus membuat tulisan yang menarik agar tulisan kita bisa di apresiasi oleh orang lain. Bukan hanya tulisan, tapi sebisa mungkin pengememasan dan penyajin tulisan kita juga di tata sedemikian rupa sehingga enak untuk di baca.

Banyak sekali tips-tips yang di kembangkan secara khusus untuk media internet. Salah satu yang menarik adalah BASIC Principles of Online Journalism yang di kemukakan oleh Paul Bradshaw. Paul Bradshaw pembuat Online Journalism Blog sekaligus menjadi seorang pengajar jurnalisme online di Birmingham City University London ini membuat tips yang bisa di jadikan sebagai pedoman menulis online oleh semua orang.

Metode-metode penulisan yang di sampaikan Paul Bradshaw sangat simpel dan di ringkas dengan sangat padat. Tidak hanya mengemukakan tentang teknik-teknik menulis, ia juga menjelaskan bagaimana meanfaatkan fitur-fiur yang ada di web untuk menarik dan meningkatkan jumlah pembaca di internet dengan menggunakan SEO.

BASIC sendiri merupakan sebuah singkatan dari Brevity, Adaptability, Scannability, Interactivity, dan Community & Conversation.

Berikut adalah “BASIC Principles of Online Journalism” Paul Bradshaw:

Brevity: merupakan penulisan yang singkat dengan sistematika penulisan satu ide per satu paragraph. menurut para peneliti, efek cahaya di layar komputer menyebabkan seseorang membaca 25% lebih lambat bila dibandingkan dengan membaca tulisan di kertas. Oleh karena itu tulisan yang singkat dan padat akan lebih nyaman di lihat oleh pembaca.

Adaptability: penyesuaian terhadap fitur-fitur yang tersedia di web seperti hyperlink, audio, video, gambar, animasi bergerak. Selain itu ada juga yang namanya SEO (Search Engine Optimization) yaitu meningkatkan jumlah kunjungan di web dengan memanfaatkan search engine seperti google, caranya adalah dengan membuat kata kunci semenarik mungkin. Penting bagi penulis online untuk memanfaatkan fitur-fitur seperti ini untuk memperkaya konten-konten yang di tulis.

Scannability: tulisan di buat sesingkat mungkin agar mudah di cerna. Di zaman sekarang ini orang-orang kebanyakan membaca secara skimming (membaca secara cepat untuk menemukan ide pokok), oleh karena itu membuat tulisan yang mudah di cerna merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan.

Interactivity: merupakan keleluasaan yang di miliki oleh user (penulis atau pembaca). Maksudnya di sini adalah dengan memanfaatkan fitur comment & add friend di webseperti yang di jelaskan sebelumnya. Dengan menggunakan fitur ini memungkinkan munculnya timbal balik antar user ( dengan sesama penulis ataupun penulis dengan pembacanya) sehingga dapat saling bertukar informasi.

Community & Conversation: hal yang perlu diingat ketika membuat tulisan secara online adalah adanya audience yang aktif. Seperti yang di jelaskan di atas, timbulnya hubungan timbal balik antar user tentunya menciptakan sebuah atmosfer yang sangat terbuka, sehingga proses pertukaran informasi menjadi lebih flexibel.

Referensi:

Paul Bradshaw. BASIC Principles of Online Journalism. http://onlinejournalismblog.com/2008/02/14/basic-principles-of-online-journalism-b-is-for-brevity/

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun