Mohon tunggu...
Tsalitsa Masud
Tsalitsa Masud Mohon Tunggu... Freelancer - Lisa

Kalau tidak bisa melakukan semua, jangan tinggalkan semua, yang bisa kita lakukan Do it your best.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Bila Anak Serba "Tidak Mau"

23 September 2019   04:28 Diperbarui: 23 September 2019   04:39 17
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Depresi masa anak-anak? yaitu gangguan suasana hati yang terjadi melebihi kenormalan, kesedihan sementara. Dan itu diperkirakan terjadi sekitar 2 persen pada anak prasekolah dan meningkat sebanyak 2,8 persen pada anak dibawah usia 13 tahun.

Gejalanya termasuk ketidakmampuan bersenang-senang atau konsentrasi, apatis, menangis, perubahan berat badan, keluhan fisik,atau pikiran tentang kematian atau bunuh diri.Depresi pada anak ditandai dari mulainya masalah-masalah yang berulang-ulang yan menetap pada masa dewasa nanti.

Apa pernah bertanya pada anak, kenapa anak tidak mau mengikuti belajar? kebanyakan anak itu serba tidak mau, misalnya mau sekolah tidak mau berangkat,tidak mau dengan gurunya. disekolah tidak mau ikut berdoa atau tidak mau mengikuti kegiatan lainnya, karena  mungkin dia ada gangguan belajar yang membuat dirinya minder sehingga berusaha menjauh dari lingkungan sosialnya.

Dan dari situ kita harus cari tahu latar belakang anak dari orang tuanya atau teman-teman dilingkungan rumahnya , apakah  mungkin dari depresi, bully atau lainnya yang membuat anak menjadi seperti itu. 

Hal seperti itu adalah hal biasa, anak hanya butuh didiamkan untuk bersosialisasi dengan lingkungan baru, dan guru baru. Tetap jalani  seperti biasa seperti jangan terlalu intens untuk pendekatan. Biarkan anak ,tetapi berikan sekali-sekali perintah misalnya "Tolong ambilkan buguru pensil"yang seolah-olah kita butuh bantuannya tanpa harus memaksa anak harus melakukan kegiatan belajar, juga saling support.

Permasalahan anak memang tidak ada habisnya, apalagi bagi pendidik anak usia dini. Namun  dibalik permasalahan yang ada ,pasti akan ada jalan keluar, dan dengan adanya permasalahan-permasalahan yang dialami bersama anak-anak , akan banyak sekali mendapatkan pelajaran yang berharga.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun