David Edison
David Edison Teacher

Alumnus STF Driyarkara Jakarta, Graduate 2014. Tertarik dengan masalah humanitas Karena Manusia pada Kenyataan Asalinya merupakan Subjek Pada Dirinya.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Mengenal Upacara Penti dalam Budaya Manggarai

1 April 2012   08:48 Diperbarui: 20 Juli 2015   13:10 9305 0 0
Mengenal Upacara Penti dalam Budaya Manggarai
1333421383683901722

 

BAB 1

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Sebagai suatu kelompok masyarakat, orang-orang Manggarai memiliki kebiasaan yang bernilai tertentu.  Kebiasaan itu telah diwariskan secara turun-temurun. Kita  dapat mengatakan hal itu sebagai kebudayaan. Salah satu  budaya Manggarai adalah budaya syukur yang  diungkapkan dalam suatu upacara meriah yaitu penti.

1.2.Tujuan Penulisan

Hal yang menarik berkaitan dengan upacara penti adalah bahwa orang-orang Manggarai berusaha memelihara kebiasaan itu. Sayangnya, tidak semua kampung di Manggarai menjalankan upacara itu oleh karena beberapa hal. Hal ini mengundang minat pemakalah untuk membahas upacara itu. Dalam makalah ini, pemakalah, yang adalah para putra Manggarai, hendak membahas upacara itu. Tujuannya adalah agar para pembaca mengenal meski serba sedikit tentang upacara penti. Pemakalah berharap dengan bertambahnya pengetahuan anak-anak bangsa akan budaya daerah, semakin dikembangkanlah sikap menghargai kekayaan budaya nasional. Harapan selanjutnya adalah semoga para putra bangsa mengembangkan sikap pluralis dan penghargaan terhadap perbedaan yang tak terbantahkan dalam konteks kebangsaan kita.

 

BAB 2

SEKILAS TENTANG MANGGARAI

 

2.1. Letak Geografis

Secara geografis, Manggarai terletak di Flores bagian barat. Bagian utara berbatasan dengan laut Flores, bagian selatan berbatasan dengan laut Sawu, bagian timur berbatasan dengan kabupaten Ngada, bagian barat berbatasan dengan kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat. Saat ini, wilayah Manggarai terbagi dalam tiga kabupaten yaitu: a. kabupaten Manggarai dengan ibukota Ruteng b. kabupaten Manggarai Barat dengan ibukota Labuan Bajo c. kabupaten Manggarai Timur dengan ibukota Borong. Secara topografis, tanah Manggarai merupakan tanah berbukit-bukit dan juga memiliki dataran lapang yang merupakan daerah yang cocok untuk area persawahan.

2.2. Orang Manggarai

Orang Manggarai adalah orang-orang pribumi yang tersebar dari perbatasan timur, barat, utara, selatan wilayah Manggarai. Salah satu kekhasan Manggarai sebagai suku bangsa adalah adanya berbagai kesamaan dalam bahasa dan watak.

 

BAB 3

UPACARA PENTI

 

3.1. Arti dan Tujuan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4