Mohon tunggu...
030 Arviana Dwi listyowati
030 Arviana Dwi listyowati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Keep going

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Sehat

PMM UMM Kelompok 97 Gelombang 6 Turut Serta dalam Kegiatan Posyandu Kelurahan Jodipan

19 September 2022   23:32 Diperbarui: 21 September 2022   18:44 33 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pada hari rabu, 7 September 2022 Mahasiswa PMM (Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa) UMM (Universitas Muhammadiyah Malang) kelompok 97 gelombang 6 dibawah pengawasan Bapak Bustanol Arifin, Spd.,Mpd. Selaku DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) turut andil dalam pelaksanaan kegiatan posyandu cempaka RW 7 Kelurahan Jodipan.

Posyandu adalah sebuah kegiatan sebagai media pemeliharaan kesehatan yang dilakukan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibimbing petugas yang bersangkutan (Departemen Kesehatan RI. 2006). Posyandu Cempaka RW 7 Kelurahan Jodipan ini digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat dengan salah satu programnya yang terfokus pada kesehatan lansia. Mengingat pentingnya menjaga kesehatan pada usia senja yang merupakan faktor resiko berbagai jenis penyakit seperti obesitas, hipertensi, asam urat dsb. Maka kelompok 97 gelombang 6 PMM UMM memutuskan untuk turut andil didalam kegiatan yang dilakukan setiap bulan ini.

Meja 3: pencatatan (Dokpri)
Meja 3: pencatatan (Dokpri)

Pelaksanaan kegiatan posyandu dengan sistem 5 meja yaitu pendaftaran; pengukuran tinggi badan, berat badan, tekanan darah; pencatatan hasil dalam KMS (Kartu Menuju Sehat); penyuluhan; dan pelayanan medis oleh petugas kesehatan untuk lansia dengan kondisi tertentu. Mahasiswa PMM UMM kelompok 97 gelombang 6 membantu para kader dalam hal pencatatan dan penyuluhan. 

Pencatatan pada KMS dilakukan dengan tujuan memantau kondisi kesehatan lansia  yang bersangkutan sehingga bisa segara diarahkan untuk mendapat tindakan sesuai yang dibutuhkan. Penggunaan leaflet dimaksimalkan untuk menunjang penyuluhan yang diberikan. Berbagai masalah kesehatan yang sering terjadi lada lansia dan masing-masing informasi penting tentang masalah kesehatan tersebut disajikan dalam leaflet sebagai media penunjang penyuluhan.

Masalah hipertensi, asam urat, dan kolesterol menjadi fokus dalam penyuluhan kali ini, namun materi penyuluhan tetap disesuaikan dengan masalah yang berpotensi tinggi terjadi pada masing-masing individu.

Meja 2: Pemeriksaan Kesehatan (Dokpri)
Meja 2: Pemeriksaan Kesehatan (Dokpri)

Meja 4: Penyuluhan (Dokpri)
Meja 4: Penyuluhan (Dokpri)

Kehadiran mahasiswa PMM UMM kelompok 97 gelombang 6 disambut dengan baik oleh para kader dan petugas kesehatan posyandu cempaka. Dengan ilmu yang telah diperoleh oleh mahasiswa diharapkan bisa disampaikan dan bermanfaat bagi peserta posyandu.

Foto bersama kader dan petugas kesehatan (Dokpri)
Foto bersama kader dan petugas kesehatan (Dokpri)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Sehat Selengkapnya
Lihat Indonesia Sehat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan