Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (PMM UMM) kali ini dilaksanakan oleh Kelompok PMM Bhaktiku Negri yang beranggotakan 4 orang dengan koordinator oleh Aura Febiola Afi Putri mahasiswi semester 6 Program Studi Pendidikan Biologi UMM. Anggota dari Kelompok ini terdiri dari Fenti Nur Yuniarti, yang merupakan mahasiswi semester 6 di Prodi Pendidikan Biologi juga, dan kemudian Ahmad Syahrul Ramadhani dan Muhammad Arwani Zulkarnain  yang berasal dari Fakuktas Teknik UMM. Didampingi dengan DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) kami Zainal Arifin, SE., MSi. Yang merupakan dosen dari Program Studi Ekonomi Pembangunan FEB UMM.
Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (PMM UMM) kali ini dilaksanakan oleh Kelompok PMM BHAKTIKU NEGRI UMM Gelombang 3 Kelompok 75 ini adalah untuk Pelatihan Penggunaan Digital Marketing Melalui E-commerce pada Pemilik UMKM Desa Andonosari, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan. Kegiatan Kelompok PMM BHAKTIKU NEGRI UMM Gelombang 3 Kelompok 75 ini membantu kegiatan promosi/marketing UMKM didesa tersebut khususnya dalam pembuatan akun E- Commerce seperti Shopee, Tokopedia,Blibi dan Lazada untuk memasarkan produk UMKM Desa Andonosari.
Berdasarkan keterangan dari salah satu Ibu - Ibu PKK di Desa Andonosari menyatakan bahwa “Usaha saya mengalami penurunan penjualan yang cukup drastis karena terkendala pemasaran yang hanya di tingkat desa saja".
Kami kemudian berinisiatif membuatkan akun sosial media dan E-commerce untuk UMKM tersebut. Selanjutnya kami juga mengajari cara  membuat postingan dan deskripsi dari suatu produk yang menarik untuk di-upload di media sosial atau E-commerce. Dengan narasumber dari anggota PMM kami, kami berhasil mencapai target pemasaran untuk masyarakat Desa Andonosari dan menghasilkan suatu produk marketing UMKM pada akun E-Commerce milik mereka. Dengan adanya E- Commerce, tentu saja akan meningkatkan serta memperluas pemasaran mereka dan menambah minat dari calon konsumen untuk dapat mengenal produk UMKM Desa Andonosari lebih jauh.
Melalui kegiatan ini, diharapkan para pemilik UMKM di Desa Andonosari dapat terus bisa melakukan perkembangan secara digital untuk meningkatkan branding dan target pasar yang semakin luas. Program ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Desa Andonosari untuk mendukung perekonomian. (Rilis : PMM UMM KELOMPOK 75 GELOMBANG 3, 2024)
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI