Mohon tunggu...
Lailatur Rizqi
Lailatur Rizqi Mohon Tunggu... -

mahasiswa UIN MALIKI Malang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Bagaiamana Seharusnya Orang Tua Siswa PAUD?

12 Juni 2014   07:11 Diperbarui: 20 Juni 2015   04:07 66
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Peran orang tua dalam pendidikan anak usia dini begitu amat besar. Walaupun anak dimasukkan dalam lembaga pendidikan anak usia dini, namun peran orang tua tidak hilang begitu saja. Orang tua tetap ikut andil dalam keberhasilan pendidikan bagi anak usia dini. Berhasil atau tidaknya pendidikan anak usia dini tidak hanya dapat dilihat dari keberhasilan lembaga dalam mendidik anak usia dini, namun juga dilihat dari cara orang tua mendidik anaknya. Jika ada suatu kegagalan dalam pendidikan anak usia dini, itu bukan serta merta salah dari lembaga pendidikan PAUD namun bisa jadi kesalahan orang tua dalam mendidik anaknya dirumah.

Disini peran ibu yang sangat dominan bagi pendidikan anak usia dini. Pada kebanyakan keluarga, ibulah yang memegang peranan yang terpenting terhadap anak-anaknya.Sejak anak itu di lahirkan ,ibulah yang selalu di disampingnya. Ibulah yang memberi makan dan minum ,memelihara,dan selalu bercampur gaul dengan anak-anak. itulah sebabnya kebanyakan anak selalu cinta kepada ibunya daripada kepada anggota keluarga lainnya.

Pendidikan seorang ibu terhadap anaknya merupakan pendidikan dasar yang tidak dapat di abaikan sama sekali .Maka dari itu ,seorang ibu hendaklah yang bijaksana dan pandai mendidik anak-anaknya sebagian orang Mengatakan kaum ibu adalah pendidik bangsa. Nyatalah betapa berat tugas seorang ibu sebagai pendidik dan pengatur rumah tangga.Baik buruknya pendidikan ibu terhadap anaknya akan berpengaruh terhadap perkembangan dan watak anaknya di kemudian hari.Seorang ibu selalu khawatir dan selalu menurutkan keinginan anak-anaknya,akan kurang baik.Demikian pula baik seorang ibu berlebih-lebihan Dalam mencurahkan perhatian kepada anaknya. Asalkan segala pemyataan di sertai kasih Sayang yang terkandung dalam hati ibunya, anak itu dengan mudah akan tunduk pimpinannya.

Kenyataan saat ini, banyak ibu yang kurang mau memperhatikan anaknya. Mereka cenderung mengabaikan pendidikan anaknya dirumah yang tengah berada pada tahap usia dini yang sangat membutuhkan perhtian dari sosok ibu. Kebanyakan ibu jaman sekarang hanya memperhatikan materi untuk anak-anaknya padahal bukan hanya materi yang anak butuhkan, namun juga kehadirannya sebagai sesosok ibu yang mampu membimbingnya dan menjadi teladan bagi dirinya.

Yang saya lihat kebanyakan para ibu saat ini mengantarkan anak-anaknya ke sekolah PAUD hanya untuk ajang saling pamer kemewahan. Mereka pagi-pagi mengantar anaknya ke sekolah dengan penampilan yang mewah dan cenderung memperlihatkan kekayaannya. Padahal kebiasaan yang seperti itu dapat mempengaruhi perkembangan anak-anak mereka. Anak yang terbiasa hidup dengan kemewahan akan cenderung menjadi anak yang manja. Inilah penting bagi para ibu untuk merenungi kembali apa peran mereka dalam keluarga, apa peran mereka dalam hal mendidik anak-anaknya. Jangan hanya mementingkan kepuasan mereka tanpa memperhatikan anak-anak yang tengah berada dalam tahap berkembang dan butuh dukungan bukan hanya secara materil saja.

Daftar pustaka

Riantaruna. Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. http://riantaruna82.wordpress.com/2010/04/13/peranan-orang-tua-dalam-pendidikan-anak-usia-dini/ . diunduh pada 12 juni 2014

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun