Mohon tunggu...
Nurianti
Nurianti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Coba dan terus mencoba Jika lelah, istrahatlah kemudian bangkit kembali keep spirit

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Budaya Organisasi Sebagai Solusi Atas Kepribadian yang Introvert

26 September 2021   21:18 Diperbarui: 26 September 2021   21:23 208 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber Gambar: dimensipers.com

Terkadang aku merasa bahwa aku akan tetap berada di posisi yang sama, tidak akan pernah berubah. Berdiri dipojokan melihat sederat orang yang sedang menikmati indahnya kesuksesan. Dalam hati aku sering bertanya, kenapa aku tidak bisa seperti mereka, apa yang salah dariku? Aku sudah berdiam diri dari hiruk piruk nya dunia luar, menahan diri dari kerumunan, bertemankan sepi dan hanya ditemani oleh sederet kertas yang bertumpuk berisikan ilmu. Dalam diam ku merenung dan tiada disangka derasnya air mulai membasahi pipi yang lemah ini. 

Waktu pun terus berjalan dan aku masih tetap dalam keadaan yang sama hahahah lucu sekali diriku, menginginkan sesuatu yang lebih tapi tidak ingin mencoba hal baru. Dasar aneh....

Pada suatu malam, aku pun berdiri sambil melihat gelapnya malam, dan derasnya hujan seolah-olah mengisyaratkan padaku untuk berpikir jika aku terus berdiam diri dan terus mengulang hal yang sama setiap harinya, dan tidak berani untuk masuk ke lingkungan baru,  kapan aku akan berubah?  kapan aku akan benar-benar mengenali jati diri ku sendiri,  kapan aku bisa menggali potensi yang terpendam? 

Malam tidak sepenuhnya  gelap, masih ada cahaya bulan yang akan menerangi bumi, dan hujan tidak akan selamanya turun adakalanya dia akan berhenti dan digantikan oleh indahnya pelangi. Begitulah aku, aku tidak boleh selamanya seperti ini. Dunia luar yang ku pikir keras dan memberi pengaruh negative bisa saja memberiku sederet pengalaman baru yang akan membawa dan membentuk karakterku menjadi lebih baik.

Terimakasih Malam dan terimakasih hujan telah membuka hati dan pikiranku untuk keluar dari aku yang dahulu...

          Kesalahan yang sering kali terjadi dalam diri seseorang adalah menganggap bahwa apa yang dilakukan saat ini itulah yang terbaik sama seperti sosok "aku" yang ada pada cerita di atas. Kesalahan selanjutnya adalah perkataan " Jalani apa yang saat ini sudah diperoleh, jangan diubah-ubah. Kalau kamu mengubahnya berarti kamu telah keluar dari dirimu sendiri dan membawa dampak yang tidak baik nantinya". Perkataan atau pernyataan yang demikian itu tidak benar. Transformasi antara kamu yang sekarang dan yang dulu bukan berarti itu hal yang buruk, dan sampai-sampai berfikir "tidak boleh seperti itu, biarkan kamu seperti ini apa adanya jangan diubah-ubah". Hmmmm salah ini sangat sangatlah salah.

          Jika kita melihat, bahwa sosok yang seperti itu adalah ciri-ciri dari orang dengan kepribadian introvert. Menutup diri dan membiarkan pada ketidaktahuan yang lebih luas. Hal yang seperti ini bukan berarti tidak baik, Big No... Tapi alangkah baiknya membuka diri dan mencoba hal baru sehingga apa yang tersembunyi  dalam diri seseorang secara perlahan akan nampak.

Lalu, apa solusinya?

Salah satu solusi yang dapat mengatasinya ialah bergabung dalam sebuah organisasi. Kenapa harus organisasi? karena di dalam sebuah organisasi  memiliki keanekaragaman individu dengan kepribadian yang berbeda  namun dapat disatukan oleh budaya yang ada di dalamnya dan membentuk karakter yang kuat pada seseorang sehingga dapat meningkatkan kinerjanya.

Mengapa budaya organisasi berpengaruh pada karakter dan kinerja?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan