Teacher; Bahagia? It's So Simpel

18 Mei 2017 06:10:50 Diperbarui: 18 Mei 2017 06:50:46 Dibaca : Komentar : Nilai : Durasi Baca :
Teacher; Bahagia? It's So Simpel
Dokumentasi pribadi

Banyak orang yang berkata bahagia itu sulit dan butuh usaha. Namun, tidak jarang orang berkata bahwa bahagia itu sederhana. Semua tergantung sudut pandang masing-masing individu. Terkadang hidup terlalu sulit untuk dipahami, jadi mengapa kita harus memilih untuk sulit merasakan bahagia? Banyak orang yang mengaitkan kebahagiaan dengan materi dan kekayaan. Namun, tidak hanya kekayaan yang mendatangkan kebahagiaan.

Guru adalah sebuah profesi yang dari dulu dianggap orang “tanpa tanda jasa” dan diikuti dengan jumlah gaji yang tidak seberapa. Namun, siapa sangka profesi ini mendatangkan banyak kebahagiaan yang mungkin tidak akan didapatkan orang yang berprofesi lainnya. Profesi guru disetiap level, baik SD, SMP, maupun SMA menawarkan kebahagiaan yang berbeda warna.

Nah, kali ini saya akan sedikit mengupas tentang guru SD. Jika kamu adalah guru SD, mungkin kebahagiaan-kebahagiaan ini yang bisa kamu dapatkan:

Terlihat “cantik” meskipun tidak “cantik” atau Terlihat “ganteng” meskipun tidak “ ganteng”

Cantik atau ganteng bagi anak kecil bukanlah terletak pada wajah. Tetapi terletak pada perasaan mereka tentang si guru. Jika murid itu menyukai seorang ibu guru, pastilah guru itu terlihat cantik di mata mereka. Bisa-bisa guru itu selalu mendapatkan pujian seperti ini:

“Bu guru hari ini cantik..”

“Bu guru kok cantik sih?”

Coba deh bu guru pake lipstik, pasti nanti tambah cantik.

Bu, kalau bu guru kacamatanya dilepas trus pake make up, pasti cantiiik banget. kalau bu guru pake kacamata tanpa make up, udah cantik..

nah lho, siapa yang tidak tertawa kalau setiap hari mendapatkan ucapan seperti ini?

tertawa itu bagian dari bahagia bukan?

Terharu dengan cara mereka yang unik ketika mengungkapkan perasaan

Ketika mereka mendapatkan tugas untuk membuat pantun, begini bunyi salah satu pantun mereka.

Buah jambu buah keladi

Bunga mawar bunga melati

Ada guru yang baik hati

Namanya ustadzah Yuli

Ada Maya, ada Anisa

Ada Nabila, ada Nabili

Siapa guru yang mengajar sampai bisa

guru itu ustadzah Yuli

Atau ketika pelajaran membuat karangan dan kamu sebagai guru menjadi topik pembicaraan tanpa kamu minta.

Jika kamu adalah guru yang dimaksud, tidakkan kamu tersenyum?

Senyum bagian dari bahagia bukan? 

Pernah suatu ketika guru X marah, anak-anak kecil itu tahu bahwa mereka salah. Mereka diam seribu bahasa ketika guru itu memarahinya. Mereka tahu, bahwa sebuah kesalahan harus dibalas dengan sebuah permintaan maaf. Tahu bagaimana cara mereka meminta maaf?

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Bukankah dicintai mereka itu termasuk kebahagiaan yang tak terhingga?

Ya, lagi-lagi merasakan bagaimana rasanya bahagia.

Terharu dengan kejutan-kejutan dari mereka

Adakalanya orang dewasa sama dengan anak kecil, selalu merasa bahagia ketika mendapatkan kejutan. Apalagi itu berasal dari wajah-wajah polos dengan surprise ala mereka.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Guru: Ustadzah tidak ulang tahun lho hari ini ...

Siswa: ya nggak apa-apa us..

Guru: Lha dapat uang darimana?

Siswa: Nyisihin uang jajan us...

Guru: Tapi kok banyak banget?

Siswa: Kan ilmu yang ustadzah berikan lebih banyak ...

Terharu, bahagia, speechless, hampir nagis pastinya. 

Jika bagi guru bahagia itu sungguh terlalu simpel, apalagi bagi kamu?

Masih bisa berkata bahwa bahagia itu sulit?

Mereka yang mengatakan bahagia itu sulit, mungkin telah meletakkan kata bahagia di level tertinggi hidupnya. Terkadang hal-hal ini berkaitan dengan pencapaian dirinya sendiri. Hanya berkaitan dengan setiap harapan tentang dirinya yang menjadi kenyataan. Padahal, sekali-kali kita perlu melihat sekeliling. Tidakkan banyak hal yang menarik perhatian kita? Terkadang banyak hal disekitar kita yang sebenarnya adalah sumber kebahagiaan kita.

Bahagia, hanya bergantung pada “mau dan tidak mau” kita merasakannya.

Bahagia, hanya akan datang jika kita mempercayai keberadaanya.

Bahagia, hak setiap manusia,

karena bahagia itu sungguh sederhana.

yJ

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana